Perlindungan Profesi Guru Masih Minim | Berita Hari ini

Perlindungan Profesi Guru Masih Minim

  • 2018-03-05 penulis : rosi
  • dibaca :2331
Perlindungan Profesi Guru Masih Minim ilustrasi guru

MALANG–Federasi Guru Independen Indonesia (FGII) Jawa Timur bekerja sama dengan Asosisasi Pengawas Sekolah Indonesia (APSI) Kota Malang mengadakan Focus Group Discussion (FGD) di, SOB Malang, Sabtu (3/3). FGD yang melibatkan para guru se-Malang Raya ini dalam rangka memberikan kontribusi pemikiran dalam penyusunan Undang-Undang Perlindungan Guru dan Tenaga Kependidikan.

Ketua APSI Kota Malang Drs. Gogok Rachmad Basuki, M.Pd mengatakan, maraknya kasus kekerasan terhadap guru dan tenaga pendidik yang akhir-akhir ini terjadi menimbulkan kekhawatiran tesendiri di kalangan para guru dan tenaga pendidik. Di sisi lain, proteksi terhadap profesi guru ini masih sangat kurang.

“Bukannya guru itu cengeng, namun semakin banyaknya kekerasan terhadap guru yang sebenarnya sudah sejak lama terjadi ini semakin membuat khawatir, sehingga perlindungan terhadap profesi guru dan tenaga pendidik ini sangatlah perlu karena yang dihadapi adalah masyarakat luas,” ujarnya. 

Tak jarang, lanjutnya, apa yang dilakukan guru terhadap siswa dengan tujuan mendidik kadang-kadang disalahartikan sehingga menyebabkan kekerasan balik kepada guru.

Kekerasan yang dialami guru sering kali tidak mendapat perhatian lebih, berbeda halnya ketika siswa yang mendapat kekerasaan masyarakat akan memusatkan perhatianya dan tak jarang mengecam para guru. Melalui kegiatan FGD inilah nantinya menghasilkan suatu rekomendasi kepada pemerintah bahwa perlindungan guru itu sangat diperlukan.

Untuk itu dalam kegiatan FGD turut menghadirkan beberapa materi dari beberapa bidang seperti Dr Rachmad Syafaat, Dekan Fakultas Hukum Universitas Brawijaya, Dr Bambang Setyadin Dosen Universitas Negeri Malang, dan Dra. Hj. Rofiqoh, M.Pd praktisi guru SMKN 10 Malang.

Acara yang terbagi menjadi 3 kelas ini juga membahas terkait permasalahan yang sering dialami para guru di lingkungan sekolah dan berbagai macam kendala yang dihadapi para guru dalam mendidik siswa.

Sementara itu Manan Supriadi, S.Pd, Ketua FGII Kabupaten Malang, menambahkan, melalui kegiatan ini, FDII dan APSI akan memiliki usulan kepada pemerintah bagaimana pendidikan yang tepat sehingga tercipta

Berita Terkait

Baca Juga