Pak Tua, Sudahlah

  • 2018-04-19
  • dibaca :6880
Pak Tua, Sudahlah Foto ilustrasi Google

truk.

Pak Harto membari banyak pelajaran. Seperti yang tertuang dalam lagu Pak Tua, para generasi tua seharusnya tahu diri dan tidak memaksakan diri untuk berkuasa. Masih banyak generasi yang lebih muda dan lebih mampu mengemban tugas.

Kodrat ketuaan tidak bisa ditutupi, apalagi sudah melewati 60 tahun, pasti banyak fungsi tubuh mulai menurun, termasuk kemampuan otak. Pada usia itu penyakit sudah mulai datang sejalan dengan menurunnya fungsi organ tubuh.

Rekasi tubuh mulai melambat. Pekerjaan pun harus dilakukan satu demi satu, tidak bisa lagi multitasking menyelesaikan beberapa pekerjaan sekaligus. Harus ada jeda dan istirahat beberapa waktu usai mengerjakan satu pekerjaan sebelum mengerjakan pekerjaan berikutnya.

Ketuaan dan kelemahan tidak bisa ditutupi hanya dengan bertelanjang dada, seolah-olah ingin menunjukkan masih kuat. Ya, seolah-olah.

 Negara ini butuh pekerja yang cepat untuk menyelesaikan karut marut dalam banyak sektor. Ibaratnya berpacu, tidak cukup hanya menungguang kuda, tapi harus berkendara yang lebih cepat, secepat Shinkansen atau Ferrari yang biasa ditunggangi Sebastian Vettel.

 

Berita Terkait