Google segera Luncurkan YouTube Music Gratis dan Berbayar

  • 2018-05-18
  • Editor :junaedi
  • dibaca :3518
Google segera Luncurkan YouTube Music Gratis dan Berbayar ilustrasi (creativedisc.com)

JAKARTA- Alphabet Inc sebagai perusahaan induk Google, segera meluncurkan YouTube Music. Layanan yang disediakan YouTube itu akan menyediakan musik secara streaming selayaknya Spotify.

YouTube yakin bahwa situs berbagi video gratisnya selalu menjadi destinasi musik tanpa batas pengguna internet. Karenanya, Alphabet mencoba untuk memonetisasi layanan musik di platformnya meski di tengah persainganketat di bisnis aplikasi musik streaming.


"Ketika Anda bertanya kepada pengguna kami bagaimana mereka mengonsumsi musik, kami selalu disebutkan tetapi sering kali ada layanan streaming lain kemudian YouTube. Mereka memiliki beberapa aplikasi," kata Lyor Cohen, mantan eksekutif industri musik yang telah menjadi kepala musik untuk YouTube dan Google sejak 2016. 


YouTube Music, dikutip daria cnn-indonesia, akan diluncurkan dengan konsep audio seperti halnya Spotify atau Apple Music. Aplikasi juga akan menawarkan musik berdasarkan kebiasaan penggunanya.

Akan ada pilihan untuk menikmati aplikasi ini yaitu berbayar dan gratis. Versi premiumnya yang ditawarkan senilai US$9.99 atau sekitar Rp 140 ribu (dengan kurs Rp14.000/dolar) memungkinkan pengguna menikmati musik tanpa iklan dan menyimpan musik secara offline.


Google sendiri sebenarnya pernah memperluas Google Play Music pada 2013 untuk menyertakan layanan streaming musik "all-access" on-demand seharga US$ 9,99 per bulan. 


Pada 2014, mereka juga memperkenalkan Music Key dengan kemampuan streaming video musik bebas iklan dari label tertentu di YouTube dan musik dari Google Play.

Lantas layanan itu diluncurkan kembali pada 2015 sebagai YouTube Red dengan memperluas akses bebas iklan dan offline ke semua video YouTube seharga US$ 9,99 per bulan. Langganan Red juga termasuk akses ke seri video dan film original YouTube.


YouTube Music diluncurkan pada 2015 sebagai aplikasi untuk menonton (atau hanya mendengarkan) video musik. Versi gratisnya yang bercampur iklan bisa diakses siapapun, sementara pelanggan Red mendapat fitur tambahan seperti musik yang bisa terus diputar bahkan jika pengguna mengklik aplikasi

Berita Terkait