Kebacut Ulah Bapak di Wajak Ini, Tetangga Sediri Diperas

  • 2018-05-31 penulis : Agung Priyo
  • Editor :junaedi
  • dibaca :1085
Kebacut Ulah Bapak di Wajak Ini, Tetangga Sediri Diperas Tersangka Buaji (kiri) dan barang bukti yang diamankan petugas.(agung)

MALANG-Mengancam dan memeras tetangganya, Buaji, 66, warga asal Desa Ngadireso, Poncokusumo yang tinggal di Dusun Sumbersuko, Desa Patokpicis, Wajak Kabupaten Malang, ditangkap petugas Polsek Wajak. Kasusnya kini dalam pemeriksaan petugas.


Menurut Kanitreskrim Polsek Wajak, Aiptu Iqomatul Huda, tersangka ditangkap menyusul laporan tetangganya, Jariyat, 65. Tersangka ditangkap saat akan menerima uang dari korban. Petugas pun mengamankan sisa uang sebesar Rp 1 juta dan beberapa perhiasan emas berupa gelang, cincin dan anting-anting sebagai barang bukti.


"Uang hasil pemerasan tersangka sebagian telah digunakan untuk membeli emas dan sebagian lagi untuk foya-foya. Dia mengakui telah menerima uang dari korban," jelas Huda, Kamis (31/5).


Informasinya, Buaji dan Jumiyat hidup bertetangga di Dusun Sumbersuko, Desa Patokpicis, Wajak. Korban asli warga setempat, sedangkan tersangka pendatang karena menikah siri dengan warga sekitar.


Permasalahan muncul pada 26 Mei lalu. Tersangka menuduh korban telah memfitnah istri sirinya. Ia mendatangi korban dan mengancam akan membunuh atau menyantet korban, karena dianggap telah menyebarkan berita yang tidak benar tentang istrinya.


Selain itu tersangka meminta uang sebesar Rp 10 juta, jika tidak mau dibunuh dengan cara disantet. Karena takut, korban pun menyanggupi.


Untuk mendapatkan uang sebesar itu, korban mencari pinjaman dan menjual seekor sapinya. Setelah uang terkumpul, selang sehari diberikan kepada tersangka. Oleh terangka, uang itu dibelikan beberapa perhiasan.

Namun, tersangka kembali mendatangi korban lagi. Ia meminta uang tambahan sebesar Rp 5 juta. Korban yang merasa diperas, lantas melaporkannya ke petugas Polsek Wajak.

Saat memberikan uang Rp 5 Juta itulah polisi menyergapnya.

"Alasan tersangka karena dia tidak terima istrinya difitnah. Ia juga mengelak tuduhan meminta uang secara paksa," ujar Huda.(agp)

Berita Terkait

Baca Juga