Mudik di Jalan Tol Jakarta - Surabaya Cukup Rp351.500 tapi Perhatikan Faktor Ini

  • 2018-06-01
  • Editor :junaedi
  • dibaca :2514
Mudik di Jalan Tol Jakarta - Surabaya Cukup Rp351.500 tapi Perhatikan Faktor Ini Mudik di jalan tol nan panjang perlu ekstra hati-hati.(dok,antara)

JAKARTA-Jalan bebas hambatan Jakarta - Surabaya menjadi alternatif utama mudik tahun 2018 ini. Biaya juga relatif terjangkau jika menggunakan jalan ini, yakni kisaran Rp351.500. Murah jika dibanding harus bermacet-macet ria.


Namun, sudah barang tentu jalan Tol ini juga harus menentut ekstra hati-hati. Karakter jalan yang belum dikenali pengguna, fisik pengendara dan faktor konsentrasi sepertinya menjadi perhatian utama.

"Untuk perjalanan tol yang sangat panjang ini saya menyarankan wajib ekstra hati-hati. Ini kan jalur baru ya yang bisa dibilang belum terlalu familiar. Yang paling bahaya dari lokasi baru adalah situasi yang tidak kelihatan, namanya crosswind atau angin samping," kata pendiri lembaga pelatihan Rifat Drive Labs (RDL) itu di Jakarta, dikutip dari cnn-indonesia.

Menurut dia, ada tiga poin yang harus diperhatikan pengemudi selama mengemudi di jalan ini.  
Antisipasi crosswind
Cukup banyak pengemudi yang tidak mengantisipasi munculnya crosswind dari arah samping kendaraan. Dampaknya bisa berbahaya bagi mobil yang terkena dan langsung counter steering (ke kanan atau kiri). Dalam kondisi itu bisa menyebabkan mobil bergoyang atau oleng yang menyebabkan kecelakaan.

"Kalau pengemudi tidak mengantisipasi terutama mobil yang melebihi kapasitas berbahaya. Bukan masalah reaksi pertama yang menyebabkan kecelakaan, reaksi kedua terjadinya kecelakaan. Kena angin, mobil oleng. Lalu counter steering (potensi menyerempet mobil di sekitar)," ucap Rifat.

Untuk itu, Rifat menjelaskan pengemudi harus ekstra hati-hati berkendara di tol, terlebih ini sebagai tol fungsional. Jalan belum sepenuhnya rampung. Usahakan selain memastikan kendaraan yang kita kemudikan aman, mengemudi di tol butuh konsentrasi yang baik.

Jaga kecepatan

Jangan terlalu percaya diri mengemudi di tol. Perhatikan kecepatan kendaraan. Mengemudi di jalan tol dengan kondisi jalan luas dan panjang bukan berarti hanya kita yang berada di sana. 

Yang paling benar, ikuti batas kecepatan di jalan bebas hambatan. Jangan memacu kendaraan di jalan tol melebihi batas kecepatan.

Mobil jangan melebihi

Berita Terkait

Baca Juga