Tol Mapan Difungsikan, Banyak Pengemudi Tidak Tahu

  • 2018-06-09 penulis : Agung Priyo
  • Editor :junaedi
  • dibaca :3864
Tol Mapan Difungsikan, Banyak Pengemudi  Tidak Tahu Kapolres Malang, AKBP Yade Setiawan Ujung didampingi Wakapolres Malang, ketika melakukan peninjauan di tol Malang – Pandaan (Sumberwuni – Karanglo).

MALANG – Jalan fungsional tol Malang – Pandaan (Mapan), belum berfungsi maksimal. Sejak difungsikan Jumat (8/6) tak banyak pengendara yang tahu dan binggung dari mana pintu masuknya.

Alhasil, kendaraan di jalan nasional atau arteri Malang - Surabaya khususnya di sepanjang jalan Lawang - Karanglo, tetap padat.

“Saya tadi dari Pasuruan sudah berniat mau lewat jalan tol, supaya tidak kena macet. Tetapi setelah lepas dari Pasar Lawang, saya cari jalan masuk tol di mana tidak terlihat,” ujar salah satu pengemudi mobil asal Pasuruan, Sabtu (9/6) siang.

Hal sama juga disampaikan pengemudi lainnya asal Mojokerto. Ia mengatakan, kesulitan mencari petunjuk arah masuk pintu tol di Sumber Wuni, Lawang. Begitu sudah terlewati, baru melihat petunjuk arahnya.

 “Sehingga mau putar balik malas,” kata Saifudin.

Kapolres Malang, AKBP Yade Setiawan Ujung, meminta kepada pihak PT. Jasa Marga dan Satlantas Polres Malang, untuk memasang dan membuat rambu penunjuk arah lebih besar.

Tujuannya, pengemudi mobil dari jarak sekitar 100 meter, bisa mengetahui kalau ada jalan tol Mapan lewat Sumber Wuni – Karanglo.

“Kalau ukurannya seperti itu (kecil), pengemudi tidak akan mengetahui. Coba kalau lebih besar dan dipasang beberapa rambu, pasti pengemudi akan tahu bahwa di depan ada jalan menuju tol Mapan,” ungkap Ujung.

Menurut dia, jalan tol Malang di sesi 3 khususnya Lawang - Karanglo sudah dibukan. Namun hanya untuk kendaraan yang memiliki ketinggian 2,1 meter.

“Sebelum dibuka, kami juga sudah pasang beberapa rambu di sepanjang jalan tol yang hampir 12 Km. Diantaranya batas kecepatan 40 KM/Jam, dilarang berhenti, jalan menikung serta rambu peringatan untuk berhati-hati,” tuturnya yang siang tadi menyempatkan meninjau langsung jalan alternatif ini.

Ujung juga menyampaikan, ada lima persimpangan yang harus diwaspadai oleh pengemudi yang melewati tol fungsional ini. Pertama pada pintu masuk tol di Sumber Wuni, Bedali Agung, Dengkol, Watugede, Banjararum dan Karanglo

Berita Terkait

Baca Juga