H-4 Mudik Lebaran Lawang - Pertigaan Karanglo Malang Lancar Jaya

  • 2018-06-11 penulis : Agung Priyo
  • Editor :junaedi
  • dibaca :1652
H-4 Mudik Lebaran Lawang - Pertigaan Karanglo Malang Lancar Jaya Pertigaan Karanglo yang menjadi exit tol Mapan sedikit tersendat karena ada u-turn kendaraan yang akan mengarah ke Kota Batu.(dicky)

MALANG- Masa mudik sampai H-4, ruas jalan di Lawang-Singosari sampai pertingaan Karanglo dipantau polisi lancar jaya. Hingga Senin sore (11/6), tidak ada kepadatan lalu lintas yang berarti alias lancar jaya.

"Bisa dilihat sendiri, kondisi jalan masih normal. Tidak ada kepadatan arus kendaraan. Namun dibandingkan hari Minggu, mulai ada peningkatan jumlah kendaraan," ungkap KBO Satlantas Polres Malang, Iptu Edi Purnama, Senin (11/6)

Bukan saja jalan nasional atau jalan utama Surabaya - Malang itu saja yang lancar. Jalan tol fungsional yang dioperasikan dari Sumber Wuni, Lawang hingga pertigaan Karanglo, juga sama, lancar jaya.

Menurut Edi, justru terjadi lepas dari pintu keluar tol Karanglo, sedikit ada penumpukan kendaraan. Terutama yang menuju ke arah Kota Malang.
 
Pasalnya, banyak kendaraan yang keluar dari tol Mapan memilih putar balik di U-turn untuk menuju Kota Batu. Sehingga kendaraan yang ada di belakangnya, mengurangi kecepatan atau berhenti. 

"Tetapi tidak sampai panjang, karena ada petugas yang mengatur," ucapnya. 

Mengantisipasi kemacetan yang mungkin terjadi pada puncak arus mudik H-2 nanti, Edi menyebutkan segera melakukan rekayasa lalu lintas di 'mulut' pintu masuk Kota Malang itu.

Yakni, pintu keluar tol Karanglo akan dibuka dua sisi. Sisi pertama untuk lajur kendaraan yang menuju ke Kota Malang. Sedangkan satu pintu keluar lagi, untuk kendaraan yang menuju Kota Batu. 

"Kalau memang terjadi kepadatan kendaraan ketika puncak mudik nanti, maka pintu keluar tol yang menuju ke Kota Batu akan kami buka. Sebelumnya kami tutup karena untuk menghindari kecelakaan," jelasnya.

Berita Terkait

Baca Juga