Bandara Abd Saleh Pun Kebanjiran Pemudik

  • 2018-06-13 penulis : Fino
  • Editor :junaedi
  • dibaca :2169
Bandara Abd Saleh Pun Kebanjiran Pemudik Suasana terminal kedatangan di bandaran Abd Saleh Malang, Selasa (12/6).(guest)

MALANG-Kedatagan para pemudik melalui Bandara Abd Saleh, Malang meningkat hampir dua kali lipat dibanding tahun sebelumnya. Dari catatan otoritas bandara milik TNI AU itu hingga H-3 Lebaran, Selasa (12/6) sudah mencapai 2.400 orang.


Kepala UPT Bandara Abd Rahman Saleh, Suharno, mengatakan lonjakan penumpang pada kedatangan penumpang dari Jakarta. 

”Iya yang mengalami kenaikan adalah kedatangan. Sedangkan untuk keberangkatan  masih stabil,’’ kata Suharno.
 
Tahun ini jumlah pemudik yang menggunakan pesawat lebih banyak jika dibanding tahun lalu. Sampai kemarin, jumlah pemudik yang datang ke Malang melalui Bandara Abd Saleh mencapai 2.400 orang. Sedangkan tahun lalu sebanyak 1.800 orang. 

Suharno menyebut, meningkatnya jumlah penumpang pesawat tahun ini disebabkan sejumlah faktor. Di antaranya musim libur atau cuti lebaran yang lebih panjang. Selain  jumlah penerbangan di Abd Saleh bertambah.  

Tahun lalu, hanya ada 10 penerbangan, tapi sekarang menjadi 16 penerbangan. Bahkan selama masa angkutan Lebaran, terdapat penerbangan tambahan. Yakni dari Citilink. 

”Beberapa maskapai juga mengajukan ke pusat untuk penerbangan tambahan,” kata dia. 

Diperoleh data, lonjakkan penumpang saat libur Lebaran tahun ini, cukup signifikan.  Garuda Indonesia misalnya jumlah penumpangnya bisa mencapai 90 persen.  Garuda juga mengajukan ekstra flight. Itu dilakukan untuk mengantisipasi terjadi lonjakan penumpang pada sehari sebelum Lebaran.  

Kondisi yang sama juga dilakukan Lion Grup. Airport Service Manager Lion Grup Malang, Panca Susila menyebut masing-masing maskapai di bawah Lion Grup mencapai kenaikkan flight hingga 90 persen. 

”Lion Air, Batik Air dan Wings Air semuanya 90 persen untuk kedatangan. Sementara untuk keberangkatan, rata-rata masih 60 persen,’’ kata Panca. 

Dari tiga maskapai, Panca mengatakan salah satu sudah mendapat persetujuan untuk penerbangan tambahan. 

Sedangkan pihak Sriwijaya Air memastikan untuk kedatangan penumpang mencapai 100 persen. Untuk pemberangkatan 90 persen. Hal ini kemarin dikatakan Manager Distrik Malang

Berita Terkait

Baca Juga