Momen Lebaran, Bali malah Banjir Wisatawan

  • 2018-06-19
  • Editor :junaedi
  • dibaca :3070
Momen Lebaran, Bali malah Banjir Wisatawan Salah satu destinasi wisatan, Desa Panglipuran, Bali yang padat pengunjung saat musim Lebaran.(dok.posbali)

yang keluar dari Pulau Dewata atau mudik melalui bandara itu lebih rendah dibandingkan penumpang yang datang.

Pengelola bandara itu mencatat dari H-8 hingga hari kedua Lebaran, jumlah penumpang domestik yang keluar dari Bali tercatat mencapai 148 ribu orang.

Tingginya permintaan wisatawan berlibur di Bali juga diantisipasi maskapai penerbangan yang mengajukan tambahan penerbangan mencapai 724 "extra flight".

Jadwal penerbangan tambahan itu berlaku mulai 1-30 Juni 2018 dengan total jumlah tempat duduk mencapai 116.566 kursi.

Selain Jakarta dan Surabaya, maka rute penerbangan tambahan itu di antaranya melayani Semarang, Ujung Pandang, Lombok dan Labuan Bajo.

Arus kedatangan wisatawan, khususnya wisatawan nusantara, di Bali saat periode arus mudik Lebaran membawa dampak tersendiri khususnya bagi industri pariwisata di daerah setempat.

Ketua Asosiasi General Manajer Perhotelah (IHGMA) Bali, Nyoman Astama, mencatat tingkat hunian hotel rata-rata pada libur Lebaran ini mencapai 80-90 persen.

Ia mengatakan jumlah itu melonjak dibandingkan hari biasa yang rata-rata mencapai 55 hingga 65 persen.

Peningkatan kunjungan juga dirasakan pengelola daya tarik wisata Ulun Danu Beratan di Bedugul, Kabupaten Tabanan, yang berjarak sekitar 65 km utara Denpasar.

Manajer daya tarik wisata setempat, Wayan Mustika, mengatakan libur panjang Lebaran mendongkrak kunjungan dari sekitar 200 pengunjung pada hari biasa menjadi lebih dari 2.000 orang per hari.

Daya tarik utama Ulun Danu Beratan adalah pura di tengah danau dikelilingi perbukitan dan taman yang asri, dinaungi cuaca yang sejuk. 

Tak hanya itu, sektor kuliner juga menyambut periode momen lebaran dengan promo khusus atau harga khusus untuk menarik lebih banyak pengunjung.(cnn-indonesia)

Berita Terkait

Baca Juga