Kuati Pertahanan Kosta Rika Membuat Brasil Frustasi tanpa Gol Babak Pertama

  • 2018-06-22
  • Editor :junaedi
  • dibaca :1649
Kuati Pertahanan Kosta Rika Membuat Brasil Frustasi tanpa Gol Babak Pertama eymar gagal mengembangkan permainan di babak pertama. (dok reuters))

PETERSBURG- Bermain ketat, timnas Brasil ditahan imbang tanpa gol melawan Kosta Rika di babak pertama pertandingan Grup E Piala Dunia 2018 di Stadion Saint Petersburg, Jumat (22/6).

Dominasi Brasil seperti tidak berarti di babak pertama. Tim asuhan Tite memiliki penguasaan bola hingga 70 persen di babak pertama, namun kesulitan menembus pertahanan solid Kosta Rika.

Kosta Rika yang bermain dengan tenang dan sangat disiplin dalam menjaga pertahanannya. Tim berjuluk Los Ticos itu bermain dengan sabar di belakang dan beberapa kali mengancam lini pertahanan Brasil.

Pertahanan solid Kosta Rika benar-benar membuat Brasil frustrasi. Bahkan tim lima kali juara dunia itu baru mampu menciptakan shot on target pada menit ke-41 setelah tendangan spekulasi Marcelo ke pojok kanan gawang berhasil ditangkap Keylor Navas.

Peluang pertama didapat Kosta Rika pada menit ke-13. Menerima umpan silang Cristian Gamboa, Celso Borges berdiri bebas di dalam kotak penalti Brasil. Namun, tendangan mendatar Borges masih tipis di sisi kanan gawang Brasil.

Timnas Brasil sebenarnya mampu menggetarkan gawang Kosta Rika pada menit ke-26 melalui Gabriel Jesus. Tapi, gol itu dianulir wasit asal Belanda Bjorn Kuipers karena Jesus dalam posisi offside ketika menerima umpan Marcelo.

Marcelo kemudian menciptakan shot on target pertama Brasil dan satu-satunya di babak pertama ketika tendangan kaki kanan bek Real Madrid itu ditahan kiper Keylor Navas menit ke-41.

Hingga akhir laga babak pertama Brasil tidak mampu memanfaatkan keunggulan penguasaan bola untuk membobol gawang Kosta Rika. Skor kacamata pun bertahan hingga akhir babak pertama.

Kosta Rika sukses membuat Brasil frustrasi di babak pertama. Kosta Rika sukses mematikan pergerakan Neymar di babak pertama. Strategi yang sama diperlihatkan Swiss ketika menahan imbang Brasil di laga pertama.

Susunan Pemain

Timnas Brasil: Alisson Becker; Fagner, Thiago Silva, Joao Miranda, Marcelo; Casemiro, Paulinho; Willian, Philippe Coutinho, Neymar; Gabriel Jesus.

Timnas Kosta Rika: Keylor Navas;

Berita Terkait

Baca Juga