Biaya Mutasi Siswa SMA 7 Malang Rp 17 Juta?

Biaya Mutasi Siswa SMA 7 Malang  Rp 17 Juta? ilustrasi PPDB SMA.

MALANG- Kabar tak sedap menerpa SMAN 7 Malang. Rumornya, sekolah ini menarik biaya tinggi kepada calon siswa baru, khususnya siswa yang akan mutasi ke sekolah ini.

Rumor itu makin santer karena meredar melalui aplikasi chat Whatsapp. Disebut, ada siswa dari luar Jawa yang akan mutasi ke SMAN 7, diharuskan membayar hingga Rp 17 juta.

Kepala SMAN 7 Malang, Dra. Herlina Wahyuni, segera menampiknya. Kabar itu sangat berlebihan dan informasi itu tidak benar.

“Jangankan di SMAN 7, SMA di kompleks sekolah Tugu (SMA 1, 3 dan 4)saja tidak sampai setinggi itu,” kata Herlina, Senin (25/6)

Mantan wakil kepala SMAN 4 Malang ini menyebut, penerimaan siswa khususnya mutasi, di SMAN 7 menggunakan prosedur yang telah ditetapkan.

Yakni siswa wajib mengikuti tes akademik dan wawancara orang tua mengenai kesanggupan biaya masuk.

Dijelaskan, tes akademiknya yang menentukan siswa bisa diterima atau tida. ''Jadi kami tidak pernah melakukan tawar menawar seperti itu,” tegasnya.

Kalau tes akademik dan nilai rapornya bagus lanjutnya, biaya yang dibayarkan minimal sama dengan uang SBIP atau sekitar 3 juta. 

Biaya mutasi diakui berbeda apabila siswa yang bersangkutan terkendala seperti belum menerima mata pelajaran standar sekolah sehingga perlu adanya matrikulasi.

“Misalnya di daerah asal siswa tidak ada mata pelajaran yang diajarkan di SMAN 7, maka kami harus memberikan bimbingan khusus kepadanya,” terang Herlina.

Apabila jumlah matrikulasi banyak, maka biaya yang harus ditanggung siswa mutasi akan semakin banyak. Biaya tersebut nantinya akan diperuntukkan untuk keperluan selama matrikulasi, termasuk membayar guru yang mengajarnya.

“Jadi biaya itu untuk bimbingan siswa, praktikum dan gurunya. Tapi tidak benar jika sampai Rp 17 juta,” ungkap wanita berkacamata ini.

Untuk menentukan besaran biaya siswa mutasi, jelasnya, juga mengkoordinasikan dengan komite sekolah. Sejauh ini sekolah tidak pernah mematok biaya melebihi Rp 10 juta.

“Semester ini kami pun belum tahu berapa siswa yang mutasi

Berita Terkait

Baca Juga