Tak Lolos SBMPTN? Jangan Khawatir Begini Jalan Keluarnya

  • 2018-07-03
  • Editor :junaedi
  • dibaca :3446
Tak Lolos SBMPTN? Jangan Khawatir Begini Jalan Keluarnya ilustrasi peserta ujian sbmptn.(ist)

MALANG- Hari ini, tepatnya Selasa (3/7) sore nanti sekitar pukul 17.00 Panitia Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) akan mengumumkan hasil seleksi SBMPTN. Tentunya bakal ada yang lulus dan tidak. Bagaimana jika tidak diterima? 

Jangan putus asa, tidak diterima di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) bukan berarti akhir dari segalanya dalam kehidupan Anda. Banyak hal yang dapat dilakukan untuk tetap melanjutkan pendidikan dan mendapatkan pekerjaan yang layak di masa depan.

Jika Anda tak lolos seleksi itu wajar saja. Jumlah peserta tahun ini tercatat sebanyak 672.816 peserta regular dan 187.185 peserta Bidikmisi yang mengikuti seleksi SBMPTN.

Dari jumlah itu hanya 128.085 peserta yang dipastikan lulus sesuai dengan kuota ketersedian kursi PTN yang tersedia tahun ini. Lebih dari 731 ribu peserta harus memupuskan harapannya untuk melanjutkan kuliah di PTN melalui SBMPTN.

Nah jika Anda termasuk orang yang tidak lolos, berikut beberapa pilihan yang dapat dilakukan.

1. Mengikuti ujian mandiri
Pilihan lain untuk dapat berkuliah di PTN adalah dengan mengikuti ujian mandiri yang diadakan oleh PTN tersebut. Informasi mengenai ujian mandiri ini bisa didapatkan langsung di universitas terkait.

Namun, perlu dicatat, beberapa PTN yang membuka ujian mandiri biasanya menarik biaya yang lebih mahal mulai dari uang pangkal hingga uang semester. Pahami terlebih dahulu soal biaya kuliah dengan kesanggupan yang dimiliki.

Bantuan dana berupa beasiswa juga terbuka lebar dan dapat ditemukan dari berbagai pihak untuk melanjutkan uliah lewat jalur ujian mandiri ini.

2. Vokasi dan Politeknik
Selain ujian mandiri di PTN, pendidikan lain seperti vokasi dan politeknik ataupun akademi juga dapat menjadi pilihan untuk melanjutkan pendidikan. Untuk pendidikan vokasi umumnya menyediakan tingkat pendidikan D3 dan politeknik dan akademi menyediakan D1 hingga D4. 

Sistem pendidikan biasanya ini lebih mengedepankan kerja praktik ketimbang teori yang

Berita Terkait

Baca Juga