BMKG: Udara Dingin Bisa sampai 15 Derajat Celsius di Malang Raya

  • 2018-07-07 penulis : Agung Priyo
  • Editor :junaedi
  • dibaca :2410
BMKG: Udara Dingin Bisa sampai 15 Derajat Celsius di Malang Raya ilustrasi dingin

MALANG – Suhu udara dingin yang menyelimuti Malang Raya, diprediksi bakal terjadi sampai bulan September mendatang. Berdasarkan pengamatan BMKG Karangploso, puncak musim kemarau baru akan terpadi pada bulan Agustus – September. 

Suhu udara dingin pun, diperkirakan bisa sampai di bawah 15 derajat Celcius.

Kasi Observasi dan Informasi, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Karangploso, Anung Suprayitno, mengatakan suhu udara dingin, akan terjadi sampai musim kemarau. 

Puncak kemarau sendiri terjadi di bulan Agustus – September. Karena pada bulan Oktober, diperkirakan sudah mulai masuk musim hujan.

“Suhu udara dingin di musim kemarau ini, sebetulnya sudah umum. Karena setiap kemarau suhu udara selalu dingin, dibandingkan musim hujan. Rasa dingin pada kemarau kali ini lebih terasa, karena beberapa hari sebelumnya sempat terjadi hujan selama sepekan itu,” terang Anung.

Menurutnya, selain suhu udara yang memang cenderung dingin saat kemarau, ada faktor lainnya yang mempengaruhi. Yakni ada pola tekanan udara yang rendah di perairan Barat Sumatera. 

Tekanan rendah inilah, yang menyebabkan angin monsoon di Australia sangat kencang hembusannya, hingga mengakibatkan suhu udara di beberapa kota di Indonesia terasa sangat dingin.

“Suhunya bisa di bawah 16 derajat Celcius. Bahkan juga bisa di bawah 15 derajat Celcius, terutama di daerah ketinggian seperti Pujon, Ngantang dan Kasembon. Dua hari lalu saja, suhunya sudah 15,8 derajat Celcius,” ungkapnya.

Ikhwal , fonomena Aphelion seperti yang beredar di media sosial WhatsApp (WA) di mana bahwa berada bumi berada di titik terjauh dengan matahari, Anung tidak secara spesifik menanggapi.

“Seperti yang saya sampaikan, faktor angin dan kecenderungan udara di musim kemarau  yang besar pengaruhnya terhadap udara dingin. Di daerah yang memiliki ketinggian bisa di bawah 12 derajat,” tuturnya.

Berita Terkait

Baca Juga