Nutrisi Sehat bagi Penderita Kolesterol dan Asam Urat

  • 2018-07-08
  • Editor :sariglok
  • dibaca :14735
Nutrisi Sehat bagi Penderita Kolesterol dan Asam Urat Menu Makan Sehat Bagi Kolesterol dan Asam Urat

Klikapa.com - Seiring dengan bertambahnya usia, risiko kolesterol tinggi dan asam urat juga akan semakin meningkat. Bukan hanya rasa sakit atau rasa tidak nyaman, namun kedua penyakit tersebut sangat rentan menimbulkan risiko yang cukup berbahaya bagi penderitanya.


Bagi penderita kolesterol dan asam urat, mengonsumsi makanan bukan hanya dilihat enak atau tidaknya saja. Namun juga kandungan nutrisi yang terkandung di dalam makanan tersebut juga harus dipertimbangkan. Dengan asupan Nutrisi yang baik, diharapkan bisa membantu menunjang proses penyembuhan penyakit kolesterol dan asam urat.

Sebagai upaya membantu menunjang sistem kesehatan Anda dalam mengobati penyakit kolesterol dan asam urat, asupan Nutrisi berikut ini dapat dijadikan referensi.
Berikut ini beberapa menu makanan, yang dirangkum dari berbagai sumber, di antaranya ialah sebagai berikut :

Makanan Berserat Tinggi
Makanan yang berserat tinggi ini sangat baik untuk penderita asam urat dan kolesterol tinggi. Pasalnya kandungan serat yang cukup di dalam tubuh akan membantu melancarkan proses pencernaan dan penyerapan sari-sari dari asupan makanan yang dikonsumsi.
Bukan hanya itu, serat  juga memiliki fungsi untuk membantu menyerap kadar asam di dalam saluran darah yang kemudian akan dibuang bersamaan dengan zat berbahaya lainnya melalui urine. Selain itu serat juga akan meningkatkan sistem metabolisme untuk mengurangi lemak jahat (kolesterol) di dalam darah.
Contoh makanan tersebut ialah : Tomat, seledri, brokoli, wortel, oats dan kubis.

Buah Ceri
Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Professor Yiqing Zhang di Boston University menunjukan bahwa dengan rutin mengonsumsi buah ceri setiap hari akan membantu mnurunkan kadar asam urat yang tinggi di dalam tubuh. Selain itu, buah ceri juga sangat berkhasiat untuk menghancurkan lemak jahat dan menurunkan kolesterol tinggi di dalam tubuh.

Minyak Biji Rami
Minyak biji rami sangat dianjurkan untuk digunakan oleh penderita kolesterol tinggi dan penderita asam urat. Pasalnya, minyak biji rami

Berita Terkait