Formasi CPNS 2018 Ditetapkan Pekan Depan

  • 2018-07-15
  • Editor :sariglok
  • dibaca :4113
Formasi CPNS 2018 Ditetapkan Pekan Depan Foto : Ilustrasi Test CPNS

JAKARTA - Pemerintah segera menetapkan formasi untuk seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) yang akan ditetapkan pekan depan. Dijadwalkan pembukaan seleksi CPNS 2018 akan dibuka akhir bulan ini.


Menpan RB Asman Abnur mengatakan, jajarannya telah melakukan kajian secara mendalam sehingga formasi yang ditetapkan tidak lagi asal-asalan. Hal inilah yang membuat penetapan formasi membutuhkan waktu yang tidak sebentar. “Kerjanya tidak simpel. Kita tidak mau mendesain sebuah rencana SDM yang salah. Makanya, kebutuhan kita sesuaikan dengan jabatan yang mau diisi. Tidak boleh salah,” tandasnya.
Beberapa hal yang menjadi pertimbangan dalam penetapan CPNS adalah jumlah pensiun dan belanja pegawai. Karena itu, penetapan formasi dilakukan secara hati-hati, ujarnya.


Bagi masyarakat yang ingin menjadi PNS bisa segera menyiapkan diri sebelum pengumuman dimulai. Salah satunya mencari banyak informasi seleksi CPNS 2018, di mana ternyata ada jalur khusus yang disiapkan pemerintah.
Untuk membantu melengkapi informasi seleksi CPNS 2018, beikut ini rangkuman beberapa fakta penting terkait dengan seleksi CPNS.

 

Pertama, mekanisme pendaftaran dan seleksi lewat satu jalur.
Deputi Bidang Sistem Informasi Kepegawaian (Sinka) Badan Kepegawaian Negara (BKN) Iwan Hermanto mengatakan, ada yang berbeda pada pembukaan seleksi CPNS  tahun ini. Perubahan yang dimaksud adalah pendaftaran dan pelaksanaan seleksi CPNS akan dilakukan secara terpusat atau terintegrasi. Maksudnya adalah, seluruh pendaftaran dan seleksi CPNS benar benar akan dikelola melalui satu website yang dikelola oleh BKN yakni www.sscn.bkn.go.id.
Hal tersebut bertujuan untuk menghindari kecurangan-kecurangan yang terjadi dalam proses penerimaan CPNS 2018.

Kedua, ada jalur khusus yang disiapkan untuk penerimaan PNS tahun ini.
Pemerintah berencana memberikan kuota khusus calon pegawai negeri sipil (CPNS) bagi diaspora Indonesia. Tahun ini diaspora menjadi salah satu jalur khusus dalam penerimaan CPNS. Pada seleksi CPNS sebelumnya, jalur khusus ditujukan kepada putra/putri Papua/Papua Barat, disabilitas, cumlaude, dan atlet.

  • 1
  • 2
  • 3
  • Berita Terkait