Mentan Andi Amran Sulaiman Bagikan Bibit Jeruk Gratis di Kota Batu

  • 2018-07-17 penulis : febri
  • dibaca :13635
Mentan Andi Amran Sulaiman Bagikan Bibit Jeruk Gratis di Kota Batu Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman diajak foto bersama peserta pertemuan institusi Balitbangtan-Kementan di Balijestro Tlekung

BATU - Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman, Selasa (17/7) berkunjungan ke Balai Penelitian Tanaman Jeruk dan Buah Subtropika (Balitjestro), Desa Tlekung, Kota Batu. Andi Amran memimpin langsung pembagian bibit jeruk secara gratis di Kebun Percobaan (KP) Punten dan KP Tlekung, Menpan mengusulkan tahun depan bakal memberikan bibit apel gratis di Kota Batu.

Ia menjelaskan, pembagian 1 juta bibit jeruk gratis kepada petani di Kota Batu dan berbagai daerah ini merupakan arahan Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) sejak tahun lalu. Hal tersebut merupakan perhatian luar biasa terhadap petani Indonesia agar kesejahteraannya meningkat. Ini meruapakan bagian dari janji Jokowi untuk membagikan bibit 30 juta batang jeruk dan pupuk.
"Hari ini kami kirim 1 juta batang bibit jeruk dan pupuk. Petani juga mendapat pendampingan secara gratis dari tim ahli. Insyaallah dari 1 juta bibit jeruk ini bisa menekan produk impor hingga 35 persen. Saat ini, secara nasional telah menghasilkan 2,2 juta ton per tahun jeruk unggul. Sedangkan untuk jumlah impor jeruk sekitar 80 ribu ton per tahun," ujar Amran.

Ia menjelaskan, dari hasil 1 juta bibit yang dibagikan itu, pihaknya menargetkan tahun depan bisa menghasilkan 2 juta batang baru. Sehingga bisa menekan impor jeruk sebesar 70 persen.
"Jika itu berhasil, bukan tidak mungkin tahun 2020 Indonesia bisa mencukupi kebutuhan pasar jeruk unggul secara nasional. Bahkan bisa berbalik menjadi pengekspor jeruk," tegasnya.

Sejuta bibit jeruk itu dibagikan kepada daerah potensi pertanian jeruk. "Ibu Wali Kota Batu juga minta bibit apel yang sesuai dengan agroclimit daerahnya. Karenanya tahun depan kami akan mengusulkan pemberian bibit apel secara gratis ," paparnya.
Ia menjelaskan, dengan pemberian bibit gratis ke masyarakat itu bisa menekan angka kemiskinan menjadi dibawah 10 persen. Itu harus dilakukan secara bertahap, sehingga grand

Berita Terkait

Baca Juga