Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Bantu 140 Sambungan Baru Sanimas

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Bantu 140 Sambungan Baru Sanimas Foto : ipunk - Perbaikan Saluran air Curungrejo

MALANG - Cakupan program Sanitasi Berbasis Masyarakat (Sanimas) di Kabupaten Malang semakin luas. Setelah Pemkab Malang mendapat bantuan 140 sambungan baru Sanimas dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemenpupera).


Bantuan itu akan diserahkan hari ini di Prime Plaza Hotel, Sanur, Bali. Bupati Malang, Dr H Rendra Kresna dijadwalkan menerima bantuan tersebut dari Kemenpupera didampingi Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Cipta Karya (DPKPCK) Kabupaten Malang, Dr. Ir. Wahyu Hidayat MM.
“Sanimas itu untuk dua tempat. Sekitar 60 sambungan baru di Desa Sitirejo, Wagir dan 80 sambungan baru lain di Desa Kebonagung, Pakisaji. Kedua tempat itu dinilai sangat tepat untuk mendapat fasilitas Sanimas bantuan dari Kemenpupera,” ungkap dia.
“Letaknya berada di dekat perkotaan, maka kepadatan penduduknya sangat tinggi. Sehingga, memang membutuhkan sistem pengelolaan sanitasi berbasis masyarakat dengan bantuan senilai Rp 400 juta untuk membuatnya,” ujar Wahyu .


Sanimas itu didirikan di atas luas 36 meter persegi untuk mempermudah pengolahan sanitasi berbasis masyarakat. “Dengan adanya bantuan ini, maka akan mengatasi persoalan sanitasi yang ada di dua desa tersebut,” tegas mantan Camat Tajinan ini.
Program ini, lanjut dosen ITN Malang itu, akan meningkatkan kualitas lingkungan di bidang sanitasi khususnya pengelolaan air limbah. Sedangkan sasaran utamanya diperuntukkan bagi kawasan padat kumuh miskin perkotaan.
 “Dengan Sanimas ini dapat mengatasi masalah sanitasi, juga diharapkan pula dapat memberdayakan masyarakat,” terang mantan Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Malang ini, sambil melakukan persiapan berkas sebelum penyerahan bantuan itu. (big)

Berita Terkait

Baca Juga