14 Penyebab Sakit Kepala yang Tidak Terduga

  • 2018-07-19
  • dibaca :2893
14 Penyebab Sakit Kepala yang Tidak Terduga Ilustrasi Sakit Kepala yang Tidak Terduga

Klikapa.com – SAAT sakit kepala menyerang, orang cenderung sulit berkonsentrasi karena harus menahan rasa nyeri. Banyak penyebab seseorang mengalami sakit kepala.
Tahukah Anda bahwa tidak hanya demam, flu, dan stress yang dapat menyebabkan sakit kepala? Mungkin Anda pernah mengalami pusing tanpa tahu penyebabnya. Sebenarnya, ada lebih dari 10 macam faktor penyebab sakit kepala. Apa saja?

 

1. Bersantai setelah stres
Ketika Anda beraktivitas selama kurang lebih 10 jam/hari, dari hari Senin hingga Jumat, Anda merasa badan Anda sehat, namun setelah beristirahat pada hari Sabtu Anda mengalami sakit kepala yang tak tertahankan. Kenapa bisa begitu? Hal itu disebabkan oleh hormon stress, akibat ketegangan yang dialami dari hari Senin-Jumat tiba-tiba menurun. Hal tersebut memicu pelepasan cepat neurotransmitter (pembawa sinyal kimia ke otak) yang menyebabkan pembuluh darah yang sempit tiba-tiba membesar. Itulah yang menyebabkan rasa sakit pada kepala Anda.

2. Memendam amarah
Ketika Anda marah, otot-otot di belakang leher dan kulit kepala akan menegang. Hal itu akan menyebabkan sensasi pada kepala seperti memakai ikatan kepala yang sangat ketat. Ini adalah tanda sakit kepala saat otot menegang.

3. Menggunakan parfum
Bagi sebagian orang, wangi harum tidak memiliki efek negatif. Namun bagi orang yang memiliki reaksi yang buruk terhadap suara, cahaya, dan bau, aroma parfum yang menyengat dan bau menyengat lainnya seperti pewangi pada alat-alat rumah tangga dapat menyebabkan sakit kepala.

4. Mengunyah permen karet
Gerakan mengunyah yang berulang dapat menyebabkan sakit kepala. Namun, yang lebih mengejutkan, bahan utama permen karet, seperti aspartam, dapat menyebabkan sakit kepala mendadak. Pemanis buatan ini banyak ditemukan dalam permen karet populer yang bebas gula. Bahan ini juga dapat memicu berbagai masalah kesehatan yang serius. Oleh karena itu, kita harus berhati-hati dalam

Berita Terkait

Baca Juga