Gerbang Pembayaran Nasional, Lebih Murah dan Mudah

Gerbang Pembayaran Nasional, Lebih Murah dan Mudah Ilustrasi ATM

MALANG - Kartu Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) mulai dikenalkan Bank Indonesia kepada masyarakat. Dengan kartu GPN, nantinya transaksi antar bank-bank akan lebih murah dan mudah. Kartu berlogo khusus tersebut akan memberikan banyak keuntungan kepada masyarakat.
Rini Mustikaningsih, Kepala Tim Sistem Pembayaran Pengelolaan Uang Rupiah, Layanan dan Administrasi Kantor Perwakilan Bank Indonesia Malang, mengungkapkan, kartu tersebut akan mengurangi biaya transaksi tarik tunai maupun transfer antarbank.
"Selain itu, nasabah maupum merchant yang menyediakan fasilitas pembayaran non tunai pun akan lebih mudah," ujarnya .


Umumnya, Merchant Discount Rate (MDR) dipatok dua sampai tiga persen. Dengan adanya GPN tersebut, tarifnya bisa turun menjadi 0,15 persen hingga satu persen. Sehingga, biaya administrasi pun lebih ringan dibanding dengan sebelumnya. "Kartu debit berlogo GPN ini bisa digunakan di seluruh mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM) meski berbeda bank, dan tidak dikenai biaya tambahan," jelas Rini.
"Transaksi pada merchant tidak hanya memudahkan para pembeli saja, namun juga penjual. Para penjual tersebut tidak lagi harus mengoleksi banyak mesin pembayaran (EDC) dari berbagai bank yang berbeda. Jadi, hanya cukup satu mesin saja, pembayaran bisa dilakukan untuk seluruh pengguna kartu debit," papar Rini.

Rini mengungkapkan, efisiensi terhadap kartu debit ini tak hanya mempermudah layanan. Tapi juga menjamin keamanan data nasabah setiap transaksi yang dilakukan. Kelebihan lain, proses transaksi terjadi langsung di dalam negeri. "Jadi rupiah tidak harus mutar dulu ke luar negeri," jelasnya.
Sehingga, pihaknya menargetkan seluruh nasabah setidaknya memiliki satu kartu debit berlogo GPN. Pada tahun 2022 mendatang, pihaknya optimis seluruh nasabah di Indonesia akan memegang kartu debit berlogo Garuda tersebut. Untuk mewujudkannya, pihaknya memilih melakukan pekan penukaran kartu GPN pada 19 sampai 24 Agustus mendatang. "Penukaran tersebut tidak dipungut biaya alias

Berita Terkait

Baca Juga