Presiden Jokowi Restui Bandara Abd Saleh Jadi Bandara Internasional

  • 2018-07-24 penulis : Ira Ravika
  • Editor :junaedi
  • dibaca :9738
Presiden Jokowi Restui Bandara Abd Saleh Jadi Bandara Internasional Bandara Abd Saleh Malang, yang diusulkan menjadi bandara internasional.(ipunk)

MALANG – Harapan warga Malang akan peningkatan status Bandara Abdulrachman Saleh menjadi bandara internasional akan segera terwujud. Presiden RI Joko Widodo juga respon positif.

Hal itu disampaikan presiden kepada  kepada Plt Wali Kota Malang Sutiaji di tengah acara Apeksi dalam pertemuan di Istana Bogor , Senin (23/7).


"Alhamdulillah Pak Jokowi merespon,  merestui dan menyetujui untuk meningkatkan status Bandara Abdulrachman Saleh menjadi bandara internasional. Ini memperhatikan prospek pertumbuhan Malang Raya sangat baik. Ini dinilai menjadi  penopang bagi kemajuan ekonomi serta pembangunan di Jawa Timur, " kata Sutiaji.

Dijelaskannya, kenaikan status bandara Abd Saleh, wajar dan pantas karena beberapa faktor. Antara lain, secara teknis landasan pacu memadai. Sudah memiliki alat kendali kontrol untuk penerbangan malam yakni Instrument Landing System (ILS). 

Selain itu, kunjungan wisatawan ke Malang cukup tinggi. Begitu juga dengan banyaknya mahasiswa dari berbagai daerah dan mancanegara yang memilih Malang sebagai tempat menuntut ilmunya.

“Aktifitas usaha dan jasa yang berkembang pesat,  daya tarik investasi ke kota Malang serta komitmen bersama para pemangku di Malang Raya, juga menjadi perhatinnya,” terangnya.

Selepas Rakernas Apeksi,  pihaknya akan menindaklanjuti goodwill yang di berikan pusat.

 “Saya segera melakukan koordinasi dan komunikasi intens dengan Pemprov serta pak Bupati Malang dan Ibu Wali Kota Batu,  Danlanud serta DPRD. Perlu satukan komitmen dan support bersama,  bilamana diperlukan hibah daerah,"ujar  wali kota terpilih dalam Pilkada serentak lalu.

Sebelumnya, Gubernur Jawa Timur,  H.  Soekarwo juga mendorong dan mendesak Kementerian Perhubungan RI untuk meningkatkan status Bandara Abd Saleh dan Bandara Banyuwangi menjadi bandara internasional.
  
Pakde, sapaan akrab Soekarwo, sudah mengusulkan ke Presiden,  dan sudah dapat lampu hijau. Begitu juga ke KSAU juga sudah ada lampu hijau,  termasuk kajian dari Dirjen Perhubungan Udara Kemenhub juga positif.  Karena runway Bandara Abd Saleh sudah lebih 2.500 meter dan sudah memiliki sistem

Berita Terkait

Baca Juga