Gelombang Tinggi Melanda Sejumlah Wilayah Pesisir Bali | Portal Berita yang menyajikan informasi dan berita terbaru hari ini

Close

Gelombang Tinggi Melanda Sejumlah Wilayah Pesisir Bali

  • 26-07-2018
  • Editor :goly
  • dibaca :13356
Gelombang Tinggi Melanda Sejumlah Wilayah Pesisir Bali Warga menyaksikan aktivitas gelombang tinggi menghantam sejumlah bangunan pura di kawasan Pantai Padang Galak, Denpasar, Bali (Foto: ANTARA)

DENPASAR - Gelombang tinggi terjadi mulai dari barat Pulau Sumatera, selatan Pulau Jawa, Bali, hingga selatan Nusa Tenggara. Di Bali, Gelombang tinggi itu melanda sejumlah pantai. Diantaranya di kawasan wisata Nusa Dua Bali gelombang tinggi mencapai ketinggian 6 meter. Akibatnya Bangunan Pura Bias Tugel dan objek Wisata Water Blow di Pantai Peninsula rusak parah.
Managing Director Indonesia Tourism Development Center (ITDC) Nusa Dua, Wayan Karioka mengatakan, pihaknya telah menempatkan security untuk berjaga di kawasan water blow. "Kami ingatkan wisatawan untuk tetap berada di belakang police line," katanya.


Gelombang tinggi dilaporkan juga menghantam sejumlah bangunan pura di kawasan Pantai Padang Galak, Denpasar, Bali. Dampak gelombang tinggi yang terjadi di Bali sejak seminggu terakhir mengakibatkan sejumlah pura rusak terkena dampak gelombang tinggi tersebut.

BACA JUGA :Sepanjang Pantai Selatan Pulau Jawa Dihantam Ombak tinggi

Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah III Denpasar memprediksi gelombang tinggi masih akan terjadi hingga beberapa waktu ke depan. Warga pesisir pantai terutama yang ada di wilayah selatan Bali dihimbau untuk lebih waspada dan mengurangi aktivitas di pantai dan laut.
"Kondisi gelombang di daerah-daerah Bali bagian selatan dapat mencapai 5 meter sebelum kemudian pecah sampai ke pesisir," kata Decky Irmawan Kasubid Pelayanan Jasa Balai Besar MKG Wilayah III Denpasar .
Diperkirakan, kondisi gelombang tinggi kira-kira sampai 5-6 hari ke depan. Dengan ketinggian gelombang masih bisa mencapai antara 4-6 meter.

BACA JUGA : Gelombang Tinggi di Pesisir Pulau Jawa, 147 Gazebo Hilang

Hal ini dikarenakan perairan selatan Bali berada dekat dengan Samudera Hindia, di mana saat ini penyebab gelombang tinggi akibat penjalaran gelombang dari selatan Australia. Penjalaran gelombang ini diakibatkan oleh mascarene high atau tekanan tinggi yang terjadi di samudra Hindia.
"Kondisi inilah yang kemudian


BERITA TERKAIT