Kembangkan Ekonomi Kreatif Warga Desa Balearjo Dengan Olahan Jagung

  • 2018-07-28 penulis : Abdul Halim
  • Editor :goly
  • dibaca :9119
Kembangkan Ekonomi Kreatif Warga Desa Balearjo Dengan Olahan Jagung Fetri Kumalasari memberikan materi pembuatan jagung dodol di hadapan ibu PKK Desa Balearjo Kecamatan Pagelaran

MALANG – Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), menggelar sosialisasi pembuatan Jagung Dodol (JADOL). Acara yang digelar di Balai Desa Balearjo, diselenggarakan mulai pagi hingga siang hari, dihadiri oleh Ibu-ibu Program Kesejahteraan Keluarga (PKK) Desa Balearjo. Kreativitas dan inovasi pembuatan Jagung Dodol ini dilakukan mahasiswa  Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM).
Fetri Kumalasari, penanggungjawab acara menyebutkan, Jagung Dodol (JADOL) merupakan olahan yang terbuat dari bahan dasar Jagung. Tujuan diadakannya sosialisasi pembuatan JADOL ini demi mengembangkan ekonomi kreatif warga Desa Balearjo.
“Ide awal pembuatan JADOL ini , dari survey yang telah kami lakukan di Desa Balearjo. Kami menemukan banyak masyarakat yang bertani jagung, namun hasilnya dijual begitu saja tanpa diolah terlebih dahulu. Itulah mengapa kami mencoba membuat sebuah inovasi dodol yang berbahan dasar jagung. Selain lebih menarik, harga jualnya juga akan semakin tinggi jika dibanding dengan jagung biasa, ” ungkap Fetri.
Fetri,  yang juga menjadi pemateri, tidak hanya menyampaikan cara pembuatan JADOL, dia juga memberikan cara pemasaran yang efektif melalui media sosial. Acara berlangsung menarik, karena ibu-ibu PKK setempat bisa mendengarkan dan menyimak materi lebih detail dalam bentuk video tutorial pembuatkan JADOL. Bahkan Fetri juga memberikan simulasi pembuatan JADOL agar peserta lebih paham mengenai proses pembuatannya.
‘’Warga yang datang mengikuti sosialisasi cukup antusias. Itu terlihat dari banyaknya pertanyaan yang muncul mengenai proses pembuatan JADOL,’’ ungkap mahasiswi jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) UMM ini.  Di tengah-tengah materi, peserta juga dibagikan sampel JADOL oleh panitia, sehingga peserta dapat merasakan langsung bagaimana cita rasa JADOL kreasi mahasiswa KKN UMM ini.
“Warga di sini sangat senang jika diadakan sosialisasi seperti ini. Ilmu yang didapat membantu pemberdayaan dan perekonomian warga kecil. Selama ini warga kami kesulitan dalam masalah pemasaran. Istilahnya masih minder dalam

Berita Terkait

Baca Juga