Apakah UAS akan Jadi Pendamping Prabowo

Apakah UAS akan Jadi Pendamping Prabowo ilustrasi

Catatan Husnun N Djuraid

Selalu saja ada yang menggoda ulama untuk terjun ke dunia politik. Peran sentral ulama sebagai panutan masyarakat kerap dimanfaatkan untuk mendulang suara sebanyak-banyaknya. Sudah banyak ulama yang terjun ke dunia politik.

Apakah para ulama itu mampu mewarnai dunia politik dengan cahaya kebaikan yang dibawanya. Alih-alih mewarnai politik, justru malah banyak ulama yang terjerembab dalam kubangan korupsi akibat ambisi politik.

Kini kita menunggu keteguhan hati Ustad Abdul Somad yang dalam beberapa hari ini tengah digoda untuk terjun ke dunia politik. Tak tanggung-tanggung, ustad lulusan Al Azhar Mesir itu tengah dirayu untuk menjadi calon wakil presiden mendampingi Prabowo Subianto.

Yang merekomendasikan ustad yang kerap disapa UAS itu bukan sembarangan golongan, tapi para ulama yang bertemu untuk membahas masalah kebangsaan.

Ketika rekomendasi itu disampaikan, sebenarnya UAS sudah menolak secara halus. Dia ingin berjuang melalui jalur lain, dakwah untuk mengajak kebaikan dan mencegah kejelekan. Sebenarnya ada dua orang yang direkomendasikan para ulama untuk mendampingi Prabowo, yang satu adalah Habib Salim Segaf Al Jufri, tapi dukungan terhadap UAS lebih besar.

Maklum, nama yang terakhir ini sudah lama malang melintang dalam dunia politik. Resistensinya cukup tinggi, terutama dari partai lain sesama pendukung Prabowo.

UAS dinilai memiliki magnet yang lebih besar, karena kiprahnya selama ini yang konsisten di dunia dakwah. Soal popularitas, jangan tanya.  Dakwah model baru yang dikembangkan dengan memanfaatkan media sosial mampu menembus ruang dan waktu.

Setelah populer di dunia maya, UAS dihadirkan dalam dunia nyata. Ternyata sambutannya sama besar. Ceramahnya di berbagai tempat di Indonesia mampu menyedot audiens dalam jumlah besar.

 Meskipun di beberapa tempat sempat muncul penolakan, tapi itu tidak mengurangi kharisma ustad asal Riau itu. Justru penolakan itu menjadikan masyarakat bersimpati padanya. Alhasil, UAS menjadi tokoh yang sangat populer saat ini. Apalagi dalam banyak ceramahnya dia sangat

Berita Terkait