Agustusan, Warga Wajib Kibarkan Hiasan Asian Games

Agustusan, Warga Wajib Kibarkan Hiasan Asian Games Sambut HUT RI, warga Kota Malang diimbau kibarkan hiasan Asian Games disamping kibarkan bendera (Sisca Angelina)

MALANG - Jika biasanya warga dihimbau mengibarkan bendera merah puih jelang HUT RI, tahun ini akan terasa berbeda. Karena  warga tidak hanya akan mengibarkan atribut berwarna merah putih saja, akan tetapi juga atribut hiasan Asian Games. Kota Malang pun juga akan terlihat demikian.
Masyrakat Kota Malang akan diimbau merayakan hari kemerdekaan RI ke 73 dengan mengibarkan bendera merah putih dan memasang umbul-umbul atau hiasan berkaitan dengan pelaksanaan Asian Games 2018. Hal ini dibenarkan oleh Asisten III Pemkot Malang, Supranyoto, saat dikonfirmasi terkait hal ini di ruangannya.
“Ini berdasarkan Surat Edaran Menteri Sekertaris Negara Republik Indonesi,” paparnya.
Surat Edaran tersebut bernomor B-484/M.Setneg/Set/TU.00.04/07/2018 tentang penyampaian tema dan logo peringatan HUT ke-73 Kemerdekaan RI dan Nomor B-486/M.Setneg/Set/TU.00.04/07/2018 perihal Partisipasi Menyemarakkan Bulan Kemerdekaan. Dijelaskannya dalam surat edaran  tersebut, masyarakat diimbau merayakan hari kemerdekaan Indonesia ke 73 dengan cara yang berbeda  dari tahun-tahun sebelumnya.
"Karena tahun ini bebarengan dengan Asian Games. Masyarakat diajak untuk menyemarakkan kemerdekaan sekaligus pesta olahraga dan memberi semangat pada atlet kita," terang Supranyoto.
Pemerintah kota dan kabupaten beserta jajaran di bawahnya meliputi kecamatan, kelurahan hingga tingkat RT dan RW, termasuk lingkungan sekolah diminta mengajak warganya merayakan hari kemerdekaan yang bersinergi dengan Asian Games. Ia menambahkan, masyarakat juga diimbau memperhatikan kebersihan lingkungan rumah dan tempat kerjanya, dengan cara melakukan bersih-bersih secara bergotong royong.
Menurutnya, Surat edaran tersebut telah disampaikan kepada kecamatan untuk kemudian disebarluaskan hingga pada tingkat kelurahan dan RT-RW. Masyarakat diimbau mendownload logo Asian Games sebagaimana yang tertera dalam website resmi Kementerian Sekertaris Negara RI.
"Setiap tahun temanya selalu berbeda. Dan kali ini semua harus bersinergi dengan Asian Games. Termasuk jika ada perlombaan di tingkat sekolah ataupun perkampungan,"pungkasnya. (ica)

Berita Terkait

Baca Juga