Suhu Dingin Capai -4 Derajat Celcius

Suhu Dingin Capai -4 Derajat Celcius pendaki mahameru

MALANG – Cuaca ekstrim hingga menyentuh angka -4 derajat celcius terjadi di kawasan wisata dan pendakian Gunung Semeru. Dinginnya suhu di tempat itu, menyebabkan munculnya fenomena alam berupa tumbuhan membeku oleh es. Kondisi yang sama juga terjadi di area Gunung Bromo. Fenomena ini, biasa disebut Bediding.
Dingginnya suhu dingin di Gunung Semeru tersebut, diakui oleh salah seorang pendaki perempuan bernama Fransisca Angelina. Menurutnya, suhu gunung tertinggi di Pulau Jawa tersebut sangat ekstrim hingga tembus -4 derajat celcius. Sehingga dirinya merasakan suhu dingin hingga menusuk tulang selama melakukan pendakian tersebut.
“Saat itu, saya sudah memakai emergency blanket atau selimut darurat. Selain itu, saya juga memakai jaket tebal dan selimut. Tapi, dinginnya masih tetap terasa,” ujarnya. Dia mengatakan, suhu dingin tersebut sangat dirasa saat berkemah di Ranu Kumbolo. Menurutnya, selama dua kali mendaki gunung Semeru, kali ini suhu paling dingin dirasakannya.
“Dinginnya hingga lima kali lipat dibandingkan saya mendaki pertama kali Gunung Semeru beberapa waktu lalu,” tuturnya. Akibat dingginya suhu itu, kakinya harus mengalami sakit kram. Sedangkan untuk menangkal dingginya suhu tersebut, dirinya memperbanyak minuman hangat, seperti jahe. Tujuannya untuk menghangatkan tubuh.
Sementara itu, Anggota Tagana Kabupaten Malang Ali Usman membenarkan ada fenomena alam tanaman membeku di Ranu Pani. “Betul , sempat terjadi tumbuhan membeku es yang cukup massif, bahkan juga ada gumpalan es. Karena suhu saat itu di tempat tersebut sempat mencapai di bawah 0 derajat celcius,” katanya.
Menurutnya, suhu ekstrim terjadi karena memang memasuki puncak musim kemarau. “Tidak hanya di Ranu Pani yang suhunya ekstrim. Di Desa Ngadas juga suhunya sangat dinggin mencapai 2 derajat celcius. Namun, bagi masyarakat Desa Ngadas khususnya Suku Tengger, sudah biasa dengan dinginnya suhu di tempat tersebut,” ungkapnya.
Melalui instagram @Saverindo juga memeringatkan kepada wisatawan

Berita Terkait

Baca Juga