Gempa 7 SR di Lombok Terasa Hingga di Malang

  • 2018-08-05
  • dibaca :9272
Gempa 7 SR di Lombok Terasa Hingga di Malang Kerusakan akibat Gempa Lombok 7 SR di Bali

MALANG - Gempa  7 SR yang berpusat di Lombok utara pada Minggu (5/8/2018) terasa hingga Malang Raya. Gempa terasa di Malang sekitar pukul 16.45 WIB. Guncangan gempa terasa di jalan raya sawojajar (kantor klikapa.com) Kota Malang. Gempa terasa kurang lebih selama satu menit. Diawali guncangan keras yang semakin lama semakin mengecil.

BACA JUGA : Akibat Gempa 7 SR di NTB, 52 Orang Luka-luka, 1 Orang Meninggal
Melalui akun resmi Badan meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), menerangkan Pusat gempa berada 18 km barat laut Lombok Timur - NTB, kedalaman 15Km. Di akun @infoBMKG memberi peringatan dini Tsunami di NTB. Tsunami yang diawali gempa berkekuatan 7 skala Richter (SR) telah menyentuh daratan. Ketinggian tsunami disebut di bawah setengah meter. Potensi tsunami terjadi di pantai Lombok Barat bagian utara dengan status waspada dan pantai Lombok Timur bagian Utara dengan status Waspada.
"Berdasarkan laporan BMKG telah ada tsunami dengan ketinggian tsunami yang masuk ke daratan 10 cm dan 13 cm. Diperkirakan maksimum ketinggian tsunami 0,5 meter" kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho dalam keterangannya, Minggu (5/8/2018).
Peringatan dini TSUNAMI yang disebabkan oleh gempa bermagnitudo 7, tanggal 05-Aug-2018, dinyatakan telah berakhir pukul 18:46:35 WIB.
Sejam kemudian atau tepatnya pada 19.49 WIB, gempa susulan terjadi dengan kekuatan 5,6 SR. Gempa juga terasa di sejumlah tempat termasuk Bali dan Jawa Timur. (*)

Berita Terkait

Baca Juga