Gempa di pulau Lombok, Korban meninggal dunia bertambah menjadi 91 orang

  • 2018-08-06
  • Editor :goly
  • dibaca :3338
Gempa di pulau Lombok, Korban meninggal dunia bertambah menjadi 91 orang Seorang laki-laki melihat rumahnya sebagian temboknya roboh pascagempa bumi di Dusun Lendang Bajur, Kecamatan Gunungsari, Lombok Barat, NTB (Antara)

LOMBOK - Korban meninggal dunia akibat gempa berkekuatan 7 Skala Richter di pulau Lombok, Provinsi Nusa Tenggara Barat, bertambah menjadi 91 orang.
Sampai sekitar pukul 08:00 WIB, menurut Badan Nasional Penanganan Bencana (BNPB), setidaknya ada 91 orang meninggal dunia dan 209 orang mengalami luka-luka, dan ribuan rumah rusak dan ribuan warga mengungsi.
"Dari 91 orang meninggal dunia, semua adalah Warga Negara Indonesia (WNI)," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho, dalam jumpa pers di Jakarta.
Hingga senin pagi, sebanyak 132 gempa susulan terjadi pascagempa berkekuatan 7 SR di Lombok, NTB.
"Gempa susulan berlangsung sampai pukul 08.00 WIB lebih dari 312 gempa," ujar Sutopo.
BACA JUGA : SAR Temukan Korban Satu Keluarga Tewas Tertimbun Bangunan


Wilayah Paling terdampak di Lombok Utara
Wilayah Lombok Utara, Provinsi Nusa Tenggara Barat, merupakan daerah yang terdampak gempa dengan kekuatan 7 Skala Richter, karena paling dekat dengan pusat gempa, kata pejabat BNPB.
"Di Lombok Utara sebanyak 65 orang meninggal dunia," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho, dalam keterangannya, Senin pagi (06/08).
Adapun korban meninggal di Kabupaten Lombok Barat ada sembilan orang, di Kota Mataram ada empat orang meninggal dunia, di Kabupaten Lombok Tengah ada dua orang meninggal.
Sejak Senin (06/08) pagi, Basarnas telah mengevakuasi hampir 200 wisatawan dari tiga pulau di NTB di kawasan wisata di Pulau Lombok.
"Evakuasi menggunakan perahu karet, kemudian dibawa ke kapal milik Basarnas. Sampai saat ini kita belum dapat data korban wisatawan asing yang ada di Bali maupun di Nusa Tenggara Barat." ungkap Sutopo.


TNI terbangkan bantuan kesehatan dan makanan ke Lombok
Satuan tugas Kesehatan TNI diberangkatkan ke wilayah Lombok, Nusa Tenggara Barat, setelah gempa berkekuatan 7 Skala Richter mengguncang

Berita Terkait

Baca Juga