Dua Hari Masuk Dua Penjara | Berita Hari ini

Dua Hari Masuk Dua Penjara

Dua Hari Masuk Dua Penjara Bersama Eddy Rumpoko di LP Sidoarjo

Saya bersykur punya kesempatan bisa masuk penjara. Maksudnya, bukan masuk penjara dalam artian dihukum di dalam penjara, tapi masuk penjara untuk kegiatan yang lain. Beberapa kali saya punya kesempatan jadi khatib  Jumatan di masjid Attaubah, LP Lowokwaru.

Hari Selasa (7/8/18) lalu saya kembali masuk ke LP Lowokwaru tapi kali ini untuk urusan yang berbeda. Saya diundang Kepala LP Lowokwaru Farid Junaedi untuk memberi materi pelatihan jurnalistik bagi warga binaan (istilah untuk narapidana) dan karyawan LP. Sehari setelahnya, (Rabu, 8/8/18) saya berkesempatan berkunjung ke LP Sidoarjo, kali ini untuk menjenguk teman saya, Eddy Rumpoko yang sudah menghuni penjara tersebut selama tujuh bulan.

Dua kegiatan yang sangat menyenangkan. Pertama, Selasa lalu hampir satu hari saya mengisi materi menulis di dalam penjara tersebut. Kegiatan diadakan di ruang serba guna yang letaknya di bagian belakang LP, bersebelahan dengan masjid dan pesantren LP. Ada sekitar 30 peserta, separo dari warga binaan dan separo lagi dari karyawan LP.

Kepala LP Farid Junaedi ingin warga binaan dan karyawannya punya kemampuan lain, selain yang sudah didapat selama ini. Atas bantuan seorang teman yang menjadi penghuni LP itu, Farid menghubungi saya untuk menyampaikan maksudnya. Saya siap saja, di mana pun tempatnya.

Acara pun berlangsung gayeng, para peserta sangat antusias mengikuti kegiatan, meskipun harus diselingi tugas menulis. ‘’Oh, ternyata begini caranya membuat berita,’’ kata seorang napi asal Pasuruan yang mendekam dalam LP karena kasus narkoba.

Sehari setelah di Lowokwaru, saya berkesempatan berkunjung ke LP Sidoarjo yang terletak di Alun-alun kota tersebut. Begitu sampai di depan LP, sudah ada teman yang mengantar masuk ke ruangan khusus yang ditempati napi untuk menerima tamu. Sore itu saya bersyukur bisa bertemu dengan sahabat saya Eddy Rumpoko. Maklum, sejak dia ditahan di LP Cipinang sampai di Sidoarjo, baru kali ini

Berita Terkait

Baca Juga