UB Beri Beasiswa Program Master dan PhD KepadaThe University of Gambia

UB Beri Beasiswa Program Master dan PhD KepadaThe University of Gambia

MALANG - RektorThe University of Gambia, Prof.Dr.Faqir Muhammad Anjum Chaudhry, 3 Agustus 2018 berkunjung ke Dakar menemui Dubes RI Dakar, Mansyur Pangeran, di KBRI Dakar. Pertemuan itu  untuk membicarakan tindaklanjut kerja sama pendidikan antara Universitas Brawijaya (UB) denganThe University of Gambia (UTG).

 

Sebagaimana diketahui lima staf UTG saat ini sedang menempuh pendidikan tinggi di UB,  tiga orang diantaranya studi pada program master dan sisanya, dua orang studi pada program PhD. Selain biaya pendidikan gratis, masing-masing mahasiswa menerima beasiswa dari pihak UB dengan jumlah living allowance sebesar Rp. 2 juta  per bulan.

Professor Anjum menyampaikan apresiasi dan penghargaan yang tinggi kepada pihak UB dan mengharapkan kerja sama tersebut dapat diperluas di berbagai bidang, misalnya pengembangan studi pada sector pertanian. Bentuk-bentuk kerjasama dapat berupa pengiriman tenaga pengajar yang berkualitas dan tersertifikasi di bidang pertanian, penyusunan kurikulum praktik kerja lapangan di sector pertanian, perbantuan pada pembangunan research center, pengembangan system Agrobisnis/BisnisMandiri, dan penerapan system experimental farmer(capacity building and implementation).
Dubes Mansyur menanggapi secara positif atas usulan kerjasama tersebut dan akan meneruskannya kepada UB di Malang. Selain itu Dubes Mansyur juga kemungkinan akan mencoba menghubungkannya dengan Institut Pertanian Bogor (IPB) sebagai kampus pertanian terbaik di Indonesia untuk berkolaborasi dengan UTG.


DubesMansyur menegaskan Gambia adalah salah satu Negara dengan keadaan ekonominya sangat rendah di dunia dan sangat mengharapkan bantuan kerjasama dengan universitas di Indonesia. Olehkarenanya, KBRI akan terus meyakinkan kedua Perguruan Tinggi di Indonesia tersebut untuk dapat memberikan bantuan kerjasama lebih luas.
Diharapkan kerjasama pendidikan tersebut dapat terus dikembangkan dan semakin mempererat hubungan bilateral RI-Gambia.(nun)

Berita Terkait

Baca Juga