Asal Usul Nama Kelurahan Sumbersari

Asal Usul Nama Kelurahan Sumbersari Situs peninggalan zaman dahulu, Lumpang

MALANG – Sumbersari sebagai salah satu kelurahan di Kecamatan Lowokwaru Kota Malang sangat populer di telinga masyarakat. Namun tidak banyak yang tahu sejarah Sumbersari serta apa saja yang kini tersisa di kelurahan yang tergolong sangat padat di kota pendidikan ini.


Eko Irawan, staf Kelurahan Sumbersari menyebutkan, kalau dirunut dari sejarahnya,  terbentuknya Kelurahan Sumbersari berawal dari dua dusun, yakni dusun Pilang dan dusun Tawangsari. Kelurahan ini pun termasuk di dalam prasasti Dinoyo yang terletak di antara dua sungai yakni sungai Brantas dan Metro atau termasuk daerah Kerajaan Kanjuruhan.


Berdasarkan cerita dari masa ke masa, lanjut Eko, Kelurahan Sumbersari pada zaman dahulu merupakan rawa-rawa yang sangat luas sekali. Daerah ini sangat terkenal akan lahan pertaniannya yang melimpah. Tanahnya pun sangat subur. Bahkan bermulanya nama dusun Pilang ini pun terbilang unik. Lantaran cerita rakyat yang beredar menyebutkan bahwa kata tersebut diambil dari “Sapi Ilang” yang kemudian disingkat menjadi Pilang.


Cerita rakyat yang beredar menyebutkan, bahwa dulu ada sebuah sumber air yang sangat besar yang merupakan tempat untuk memandikan sapi setelah membajak sawah. Memang dulunya daerah ini merupakan persawahan yang luas, sebelum sekarang menjadi perumahan dan pemukiman padat penduduk.

‘’Sumber air ini, selain besar juga sangat dalam airnya, sehingga seringkali setelah sapi dimandikan dan dilepas, sapi-sapi ini berjalan menuju ke tengah dan tenggelam tidak muncul lagi. Peristiwa ini sering terjadi yang akhirnya muncullah sebutan daerah ini menjadi dusun Pilang alias Sapi Ilang. Itu karena seringnya kejadian sapi ilang di sumber air tersebut,’’ terang Eko, yang juga asli warga Sumbersari .


Dari tujuh sumber air yang ada di Kelurahan Sumbersari, lanjutnya, saat ini tinggal satu sumber yang masih bisa dijumpai serta berfungsi bagi penduduk sekitar. Sumber air ini berada di dalam SMKN 2 Malang Jl. Veteran

Berita Terkait

Baca Juga