Asal Usul Nama Kelurahan Sumbersari

Asal Usul Nama Kelurahan Sumbersari Situs peninggalan zaman dahulu, Lumpang

No. 17 Malang. Sayangnya sumber air ini sudah ditutup atasnya, namun airnya tetap mengalir melalui pipa dan ditampung di sebuah bak air di belakang SMKN 2 Malang.


Air dari sumber ini sekarang difungsikan sebagai keperluan warga sekitar dan sebagai kebutuhan Mushola “An Nuur” yang dibangun warga tepat di samping bak penampungan air sumber. Bak penampungan air ini masih bisa dilihat di Jl. Veteran Dalam .  Dulu di daerah ini juga terdapat punden. Namun lantaran banyaknya pembangunan, situs bersejarah tersebut ikut tergusur bersama bangunan megah dan tidak bisa lagi diketahui keberadaannya.
“Punden itu berada di kampus UIN, namun sekarang sudah tidak ada lagi. Bahkan dulunya di sana juga ada sumber dengan pohon besar di dekatnya. Karena sebenarnya sumber air di Kelurahan Sumbersari ada tujuh, tetapi yang lainnya belum diketahui keberadaanya,” jelasnya.


Ia melanjutkan, dulunya sumber air tersebut juga sangat luas, namun saat ini sudah mengecil bahkan nyaris tak terlihat. “Sebelum ada pembangunan seperti saat ini, kelurahan Sumbersari sangat menonjol dengan kegiatan pertaniannya dan merupakan rawa-rawa yang sangat luas,” tambahnya. (lin)

Berita Terkait

Baca Juga