Pemerintah Indonesia Berangkatkan 500 Haji Guinea Bissau | Berita Hari ini

Pemerintah Indonesia Berangkatkan 500 Haji Guinea Bissau

Pemerintah Indonesia Berangkatkan 500 Haji Guinea Bissau 500 jamaah haji Guinea Bissau yang dibiayai pemerintah Indonesia

Setelah melalui proses yang cukup panjang sejak  tahun 2017, akhirnya 500 jemaah haji dari Guinea Bissau berangkat menuju tanah suci Makkah untuk menunaikan Rukun Islam ke-5 melaksanakan ibadah haji atas biaya pemerintah Indonesia.

Para jemaah haji Guinea Bissau tersebut pada tanggal 16 Agustus 2018, diterbangkan dengan menggunakan pesawat charteran Maskapai Penerbangan Max-Air Boeing dari kota Bissau menuju Saudi Arabia.

Sebelumnya, Presiden Guinea Bissau, Mario Vaz, tanggal 7 Agustus 2018 mengutus Menteri Dalam Negeri, Botche Candeke ke  Dakar-Senegal  untuk bertemu dengan Dubes RI Senegal Mansyur Pangeran (yang juga sebagai Dubes RI untuk Guinea Bissau) untuk membahas prospek bantuan Pemerintah Indonesia yang telah menjanjikan akan membantu memberikan 500 tiket haji bagi jemaah Muslim Guinea Bissau yang miskin.

Permintaan yang mendesak Presiden Mario Vaz yang disampaikan melalui Mendagri Botche Cande tersebut langsungd ikoordinasikan ke Pusat agar dapat ditindaklanjuti.

Dubes Mansyur Pangeran menjelaskan setelah melalui proses koordinasi yang sangat intensif dengan pemerintah pusat akhirnya dana bantuan itu langsung dikirim ke rekening pemerintah  Guinea Bissau. ‘’Karena waktunya sudah mendesak, apalagi pemerintah Guinea Bissau sudah menjadwalkan pemberangkatan jamaah haji pada tanggal 16 Agustus 2018. Akhirnya kita kirim biaya untuk pembelian tiket bagi 500 jamaah untuk bias berangkat haji,’’ ujar Dubes Mansyur Pangeran.

Jamaah haji dari Guinea Bissau berjumlah 700 orang,   500 orang diantaranya dibiayai Pemerintah Indonesia, sedangkan 200 orang dibiayai orang-orang muslim kaya di Negara tersebut.

Setelah dipastikan dana pembiayaan 500 tiket haji dari Pemerintah Indonesia diterima oleh Pemerintah Guinea Bissau, Presiden Mario Vaz mengirim ucapan terimakasih yang sebesar-besarnya dan penghargaan kepada Presiden RI Joko Widodo dan kepada seluruh rakyat Indonesia.

Atas bantuan tersebut maka, 500 warga muslim Guinea Bissau bias mununaikan ibadah haji ke tanah suci.  Pernyataan itu disampaikan langsung melalui Mendagri Botche Cande kepada Dubes Mansyur Pangeran di Dakar.

Berita Terkait

Baca Juga