Inilah 10 Dampak Buruk Kurang Tidur!

  • 2018-08-30
  • Editor :goly
  • dibaca :2749
Inilah 10 Dampak Buruk Kurang Tidur! Ilustrasi

KEHIDUPAN zaman yang sekarang ini serba cepat, membuat seseorang jadi terlampau sibuk untuk melakukan aktivitas. Terkadang sampai ada yang merelakan waktu tidurnya demi menyelesaikan pekerjaan yang dikejar deadline. Hal ini tentunya dapat berdampak pada kesehatan seseorang tersebut karena kurang tidur.


Tak hanya kesehatan fisik, kurang tidur juga memengaruhi kesehatan mental seseorang. Selama ini diketahui bila kurang tidur dapat menurunkan kefokusan, kemampuan berpikir, kelelahan, dan hal lain yang berhubungan dengan fisik. Namun kini banyak penelitian internasional yang memfokuskan dampak kurang tidur terhadap kesehatan.


Klikapa.com telah melansir dari beberapa media, Kamis (30/8/2018) mengenai 10 hal negatif yang akan terjadi jika kurang tidur;

1. Masalah pada daya ingat
Menurut penelitian yang dilakukan oleh Nature.com, kurang tidur dapat memengaruhi kemampuan daya ingat seseorang. Mereka yang kurang tidur cenderung lebih pelupa daripada yang tidur teratur. Bahkan, penelitian yang dilakukan oleh beberapa relawan ini menunjukan hasil yang signifikan menganggu kemampuan untuk mengingat kata-kata yang telah ditunjukkan sehari sebelumnya.

2. Mudah tersinggung
Kita semua pernah melihat orang menjadi jengkel tanpa alasan yang jelas. Bisa jadi, orang yang mudah tersinggung tersebut tidak memiliki tidur yang cukup. Ketika tidak cukup tidur “mudah marah” akan menjadi kepribadian negatif akan melekat pada diri.

3. Masalah penuaan kulit
Sebuah penelitian di University of Wisconsin menemukan bahwa orang-orang yang kurang tidur setidaknya hanya lima jam sehari. Mereka Mengalami kesulitan dalam pemulihan dari segala jenis kerusakan kulit yang disebabkan oleh paparan sinar ultraviolet.

4. Menambah berat badan
Jika kurang tidur, perasaan untuk menolak makanan tinggi kalori menjadi sulit dan keinginan untuk makan makanan yang tidak sehat meningkat. Kurang tidur menciptakan ketidakseimbangan hormon dalam tubuh.

5. Masalah pengelihatan
Kurang tidur dapat menyebabkan masalah pengelihatan, mata akan sering sakit, dan pengelihatan berbayang. Selain itu masalah halusinasi juga dapat terjadi

Berita Terkait

Baca Juga