Hari Ini dan Besok KPK Maraton Periksa Anggota DPRD Kota Malang

Hari Ini dan Besok KPK Maraton Periksa Anggota DPRD Kota Malang Anggota KPK usai menggeledak salah satu rumah salah seorang anggota DPRD Kota Malang.(firman)

MALANG-Sejumlah anggota DPRD Kota Malang Jumat (31/8) yang terlibat kasus korupsi akan menjalanai pemeriksaa lanjutan. Namun yang diperiksa penyidik KPK hari ini sebagai saksi dari eksekutif atau Pemkot Malang. 

Pemeriksaan KPK hari ini diakui Kapolres Malang Kota AKBP Asfuri saat dikonfirmasi. Ia mengatakan, telah menerima permohonan peminjaman tempat dari KPK sejak Selasa (28/8) lalu.  

"Kami dimintai pinjam tempat oleh KPK. Dipakainya kapan, kami kurang tahu.Yang pasti kami menyiapkan tempat termasuk personel," tuturnya. 

Sedangkan Kasat Shabara Polres Malang Kota, AKP Sapto Siswahyudi membenarkan personelnya disiapkan untuk melakukan pengawalan anggota KPK. Pengawalan itu dalam rangka melakukan  pemeriksaan anggota dewan. 


Sedangkan Sabtu (1/9) esok dijadwalkan semua anggota DPRD Kota Malang kembali akan menjalani pemeriksaan, setelah dipanggil beberapa hari lalu melalui surat resmi. 

Pemeriksaan dijadwalkan dilakukan di dua kota. Yakni di Polres Malang Kota dan di Surabaya. 

Jadwal pemeriksaan anggota dewan sebelumnya diakui salah satu Plt Pimpinan DPRD Kota Malang, Choeroel Anwar. Ia pastikan memenuhi panggilan KPK sebagai saksi untuk dimintai keterangan.  

“Iya ada jadwalnya. Makanya ini kita dari Jakarta akan kembali ke Malang hari Jumat,” ucapnya. 

Namun politisi Partai Golkar itu menolak menyebutkan jadi saksi untuk siapa. 

Sekretaris DPRD Kota Malang Ir Bambang Suharijadi juga pastikan dipanggil penyidik KPK menjadi saksi.

“Saya dipanggil Jumat (hari ini), jam 10.00 WIB,” ucapnya.  

Sementara beberapa anggota dewan lain mengaku tidak mengetahui adanya pemanggilan yang ditujukan kepada mereka. Salah satunya Syamsul Fajrih, anggota DPRD Kota Malang dari Fraksi PPP. Saat dihubungi ia mengaku belum mendapatkan informasi tersebut.

“Saya ada di Bekasi. Saya tidak tahu,” tutur Fajrih. 


Di sisi lain, Wakil Ketua KPK Saut Situmorang yang dikonfirmasi semalam meminta bersabar. Sebab pihaknya akan mengumumkan tersangka baru pada pekan depan.  

“Kita tunggu konferensi persnya saja ya. Minggu depan rencananya,” tegas Saut sseperti ditulis Malang Post.
 
Ia memastikan

Berita Terkait

Baca Juga