Ustadz Abdul Somad (UAS) Batal ceramah di Masjid Jami, Kota Malang

 Ustadz Abdul Somad (UAS) Batal ceramah di Masjid Jami, Kota Malang Banyak jamaah tetap menunggu kedatangan UAS di Masjid Jami, Kota Malang

juga mengaku sempat mengkonfirmasi alasan UAS batal datang. Namun demikian, tim dari UAS tak memberikan alasan pasti. Hanya saja, dalam pesan juga disebutkan, tidak hanya di masjid Jami saja yang batal, namun agenda UAS di Malang Raya dan Jawa Timur juga batal.


Menurut Asadulah, di Kota Malang ada empat agenda yang rencananya dihadiri UAS. Yaitu di Masjid Jami, di wilayah sawahan, di Masjid Brigjen Soegiyono, dan di Kampus UB. Dan semua itu batal.
”Setelah mendapat pemberitahuan, kami langsung menghubungi takmir masjid Jami. Selain itu melalui media sosial kami menyebarkan informasi jika UAS batal datang,’’ ungkap Asadulah. Bahkan, usai salat dhuhur, pihak GAMAL selaku penyelenggara tablig akbar juga memberitahukan batalnya UAS memberikan ceramah di masjid Jami,’’ ungkapnya.


Sementara itu meskipun telah mengetahui UAS batal datang, namun petugas pengamanan, tetap datang. Mereka melakukan pengamanan di depan masjid Jami. Komandan Banser, Kota Malang, H M Sarbini menyebutkan, bahwa kedatangan Banser di Masjid Jami atas permintaan dari GAMAL, untuk melakukan pengamanan. Pihak Banser pun tahu, jika UAS batal datang, namun mereka tetap melakukan pengamanan. ” Datang dan tidaknya Ustadz Abdul Somat, kami tetap melakukan pengamanan,’’ kata Sarbini.


Asadulah juga mengatakan jika panitia tetap berada di Masjid Jami meskipun sejak awal sudah mengetahui UAS batal datang. Tujuannya  jelas, yaitu memberikan informasi akurat kepada para jamaah yang datang. ”Jika jamaah datang, kami informasikan bahwa UAS batal datang. Batalnya UAS, bukan karena panitia, namun karena UAS sendiri,’’ katanya.


Sementara dari pantauan Malang Post, para jamaah datang mulai pagi. Mereka tak hanya dari Kota Malang, tapi juga banyak dari luar daerah. Bahkan, juga ada yang dari Yogyakarta. Agus Satpam Masjid Jami mengatakan, jamaah datang pada kegiatan tablig akbar untuk mendengarkan ceramah dari UAS. ”Jumat malam lalu ada rombongan dari Yogyakarta. Mereka sengaja datang untuk mencdengarkan ceramah dari UAS,’’ katanya.


Seiring dengan batalnya UAS datang ke Kota Malang pun disambut kecewa para jamaah. Hendra salah satunya. Mahasiswa salah satu perguruan tinggi swasta ini mengaku kecewa dengan informasi, UAS batal datang. ”Saya dari tadi datang. Memang sempat mendengar informasi jika UAS batal datang, namun kami tetap menunggu, sampai ada pengumuman resmi nanti.


Ungkapan yang sama juga diucapkan Bian. Dia mengaku kecewa dengan batalnya UAS memberikan ceramah di Masjid Jami. ”Kecewa jelas, ya bagaimana, kami senang dengan UAS, dan bertekad untuk mengikuti kegiatan ceramah, tapi ternyata batal,’’ tandas Bian, yang mengaku warga Sukun, Kota Malang.(ira)

Berita Terkait

Baca Juga