Ustadz Abdul Somad (UAS) Batal ceramah di Masjid Jami, Kota Malang

 Ustadz Abdul Somad (UAS) Batal ceramah di Masjid Jami, Kota Malang Banyak jamaah tetap menunggu kedatangan UAS di Masjid Jami, Kota Malang

MALANG – Ustadz Abdul Somad (UAS) gagal memberikan ceramah di Masjid Jami, Minggu (2/9) . Tidak jelas apa yang membuat UAS membatalkan ceramahnya. Namun beberapa  pihak menyebutkan gagalnya UAS berceramah seiring dengan adanya penolakan dari banyak pihak. Namun demikian, dugaan itu tak dibenarkan oleh Koordinator Utama Gerakan Aswaja Malang Raya (GAMAL), Habib Asadullah bin Alwy Alaydrus. Ditemui di Masjid Jami Malang, Asadulah mengatakan tak ada yang menolak kedatangan UAS di Kota Malang. Dan itu dibuktikan dengan berkumpulkan sayap-sayap organisasi masyarakat yang terlibat melakukan pengamanan.


”Kalau sebabnya apa tak datang kami tidak tahu. Tapi yang jelas, di Kota Malang sama sekali tidak ada penolakan. Dan itu dibuktikan, dengan berkumpulnya sayap organisasi masyarakat, untuk terlibat dalam pengamanan,’’ kata Asadulah. Dia menyebutkan sayap organisasi masyarakat yang dilibatkan dalam pengamanan diantaranya adalah Banser, Kokam, FPI, Laskar GAMAL dan lainnya.


Asadulah pun menjelaskan, UAS berencananya datang ke Kota Malang untuk hadir dalam kegiatan tablig akbar yang digelar Gerakan Aswaja Malang Raya (GAMAL), di Masjid Jami. Mengusung tema Ukhuwah Islamiyah, UAS rencananya memberikan ceramah selama dua jam.
”Rencananya UAS datang ke Kota Malang, untuk memberikan ceramah di salah satu tempat. Kemudian, kedatangan beliau juga kami manfaatkan dengan menggelar Tablig Akbar, dengan UAS sebagai penceramah. Tapi demikian, karena beliau batal hadir, maka kegiatan tabligh akbar pun juga batal digelar,’’ tambah Asadulah yang mengatakan, kegiatan tabligh akbar sendiri rencananya digelar mulai pukul 15.00 hingga pukul 17.00.


Batalnya UAS datang ke Kota Malang, diketahui Asadulah, Sabtu (1/9) malam lalu. Saat itu tim dari UAS mengirimkan pesan kepada Habib Hanif, salah satu pengurusn GAMAL, yang kemudian dilanjutkan kepada dirinya. ”Pesan kami terima malam hari, dalam pesan tersebut memberitahukan UAS tak dapat hadir memberikan ceramah dalam kegiatan tablig akbar,’’ ungkapnya. Asadulah

Berita Terkait

Baca Juga