Bukit Geger Terbakar, Petugas Berjibaku Padamkan Api

  • 2018-09-04 penulis : Agung Priyo
  • Editor :junaedi
  • dibaca :2890
Bukit Geger Terbakar, Petugas Berjibaku Padamkan Api Petugas ketika melakukan pemadaman api yang membakar rumput dan alang-alang kering di Gunung Geger Pagak. 

MALANG - Bukit Geger di Desa Sumberjo, Pagak, Kabupaten Malang terbakar, Selasa (4/9) siang. Sekitar tiga per-empat lahan milik Perhutani itu membara. Sejumlah petugas pun berusaha memadamkan dan mencegah kebakaran itu tidak meluas.

"Yang terbakar bagian bawah dan pinggir jalan raya. Tidak sampai mengganggu arus lalu lintas. Kerugiannya pun juga sangat kecil," ujar Kapolsek Pagak, AKP Harnoko. 

Namun demikian, lanjutnya, butuh waktu lama untuk memadamkan api. Karena selain angin yang kencang, juga banyak rumput dan pohon kering yang mudah terbakar. 

Hingga sore ini, petugas masih di lokasi. Selain melakukan pembasahan, juga siaga untuk antisipasi agar tidak terbakar lagi. 

"Saya bersama anggota masih standby untuk siaga dulu. Karena khawatir api muncul dan bisa kebakaran lagi," jelasnya. 

Dugaan sementara, kebakaran ini karena puntung rokok. Ada pengendara yang melintas sekitar lokasi, yang kemudian membuang puntung rokok di sekitar lahan. Karena rumput kering dan angin kencang, akhirnya terbakar. 

Kebakaran di lahan RPH Rejosari BKPH Sengguruh, Dusun Boroan, Desa, Sumberjo, Pagak ini diketahui sekitar pukul 12.15. Petugas Perhutani yang saat itu melintas dan mengetahui adanya kebakaran lahan itu. 

Mereka segera melaporkan ke petugas Polsek dan Koramil Pagak. Termasuk menghubungi mobil PMK milik PT. Ekamas Fortuna. 

"Selain mobil PMK milik PT. Ekamas Fortuna Pagak, pemadaman dan pembasahan juga mendatangkan mobil PMK Kabupaten Malang," terangnya.(agp/jon)

Berita Terkait

Baca Juga