PDI-P Respons Cepat Isi Anggota Fraksinya di DPRD Kota Malang, Plt Wali Kota Panggil Pimpinan Parpol

PDI-P Respons Cepat Isi Anggota Fraksinya di DPRD Kota Malang, Plt Wali Kota Panggil Pimpinan Parpol 41 anggota DPRD Kota Malang yang telah ditetapkan tersangka dan terpidana kasus gratifikasi oleh KPK membuat lembaga legislarif ini kosong.(dicky)

MALANG-Plt Wali Kota Malang Sutiaji merespon cepat akan kekosongan anggota DPRD Kota Malang. Pihaknya segera mengundang pimpinan Parpol setempat untuk segera mempercepat proses penggantian anggota dewan yang tersandung kasus korupsi itu dilakukan pergantian antar waktu (PAW).

Sementara PDI-P  langsung mengajukan pergantian sembilan anggotanya yang ditahan KPK. Sejumlah nama sudah diajukan ke Sekretaris Dewan DPRD Kota Malang untuk PAW.

“Iya secepatnya, minggu ini saya akan panggil pimpinan parpol untuk mengatasi kekosongan kursi dewan ini,” kata Sutiaji, Selasa (4/9).

Pertemuan dengan parpol itu katanya untuk membahas kekosongan kursi dewan dan mempercepat proses PAW. Apalagi kondisi kasus ini menjadi perhatian Mendagri Tjahjo Kumolo. 

Terlebih Sutiaji sudah menerima surat ikhwal diskresi Mendagri menyikapi kasus ini.

Mendagri Tjahjo Kumolo menyikapi kekosongan anggota dewan menyusul penenahan KPK terhadap 41 anggota DPRD Kota Malang dengan menyiapkan tiga opsi diskresi.

Pertama, melibatkan Pemprov Jatim dalam pengambilan kebijakan seperti pembahasan Kebijakan Umum Anggaran (KUA).

Kedua, memberikan peran kepada Sekretaris Dewan (Sekwan) untuk menyusun agenda DPRD. Ketiga, Pemkot Malang dapat menerbitkan peraturan wali kota (perwal) atau perda apabila ada rencanaa perda (non APBD) yang sedang disusun dan belum terealisasikan.

Sementara percepatan PAW direspon cepat PDI Perjuangan Kota Malang, Selasa (3/9). Partai berlambang Banteng Mocong putih ini menyerahkan berkas empat kadernya yang disiapkan menggantikan empat anggotanya yang kini berstatus terdakwa dan terpidana kasusu gratifikasi. 


Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Malang I Made Rian Diana Kartika mengatakan, selain menyerahkan berkas empat calon PAW ke Sekwan, pihaknya juga sudah menyiapkan calon Ketua DPRD Kota Malang. 

“Dari empat nama yang diajukan ke Sekwan, salah satu di antaranya disiapkan sebagai calon ketua dewan. Tapi untuk proses calon ketua dewan tentu harus dilantik dulu,” jelas Made. 
 

Berita Terkait

Baca Juga