Erick Thohir Resmi Ketua Tim Kampanye Jokowi-Ma'ruf

  • 2018-09-07
  • Editor :junaedi
  • dibaca :1970
Erick Thohir Resmi Ketua Tim Kampanye Jokowi-Ma'ruf Erick Thohir (kiri) yang didapuk menjadi Ketua Tim Kampanye Nasional pasangan calon presiden dan wakil presiden Jokowi-Ma'ruf di Pilpres 2019.(dok.cnn-indonesia)

JAKARTA- Bakal calon presiden Jowo Widodo (Jokowi) menunjuk Ketua Indonesia Asian Games 2018 (Inasgoc) Erick Thohir sebagai Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) pasangan Jokowi-Ma'ruf di Pilpres 2019. 

Pengumuman penetapan Erick itu dilakukan langsung oleh Jokowi di Posko Cemara, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (7/9).

"Ketua Tim Kampanye Nasional adalah bapak Erick Thohir, " kata Jokowi. 

Menurut Jokowi, setiap hal yang dipimpin oleh Erick selalu mendapat kesuksesan, seperti dalam Asian Games 2018.

Erick hadir dalam pengumuman Ketua Tim Kampanye Nasional itu. Selain Erick, KH Ma'ruf Amin, Wakil Presiden Jusuf Kalla, dan Seskab Pramono Anung juga hadir di Posko Cemara.

Termasuk sejumlah Sekjen partai politik pendukung Jokowi-Ma'ruf, Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto, Sekjen PKB Abdul Kadir Karding, Sekjen Perindo Ahmad Rofiq, Sekjen PSI Raja Juli Antoni, Sekjen Golkar Lodewijk Freidrich Paulus dan  Sekjen PPP Arsul Sani.

Selain mengumumkan Erick Thohir sebagai Ketua TKN, Jokowi juga mengumumkan Jusuf Kalla sebagai ketua Dewan Pengarah Tim Kampanye Nasional.

Erick Thohir dikenal sebagai sosok pengusaha pemilik Mahaka Group yang memiliki lini bisnis yang bergerak pada bidang media dan entertainment.

Selain itu, ia juga dikenal sebagai pemilik beberapa klub olahraga terkenal dunia seperti klub sepakbola Italia Inter Milan, D.C United di Amerika Serikat dan Klub Bola Basket NBA Philadelphia 76ers.

Sebelum dideklarasikan, sejumlah nama dari kalangan tokoh muda di luar partai politik mencuat di bursa pemilihan Ketua TKN Jokowi-Ma'ruf Amin.

Beberapa nama mencuat ke publik menjadi ketua tim itu di antaranya adalah Najwa Shihab, Nadiem Makarim dan Whisnutama. 

Mereka dinilai bisa menjadi jalan bagi Jokowi-Ma'ruf untuk menggaet kaum milenial dan kelas menengah dalam Pilpres 2019.

Erick Thohir nantinya akan berkoordinasi dengan anggota TKN. Struktur TKN terdiri juga memiliki Dewan Penasehat, Dewan Pengarah, dan juga juru bicara.

Berikut susunan lengkap struktur tim kampanye Jokowi-Ma'ruf. 

Dewan Penasehat: Ketua Umum PDI-P Megawati Soekarnoputri, Ketua Umum Golkar

Berita Terkait

Baca Juga