100 Paket Dukungan Implementasi Desa Wisata di Kabupaten Malang

100 Paket Dukungan Implementasi Desa Wisata di Kabupaten Malang Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Made Arya Wedantara menyerahkan dukungan implementasi kepada perwakilan homestay di Kabupaten Malang

MALANG - Kementrian Pariwisata memberikan 100 paket dukungan implementasi kepada perwakilan desa wisata di Kabupaten Malang. 100 paket itu diberikan terhadap enam desa wisata. Yaitu masing-masing Desa Wisata  Poncokusumo, Desa eko wisata Sanankerto, Desa Wisata Bowele Purwodadi, Desa Wisaya Tambakrejo, Desa Wisata Bendolawang Ngadirejo, dan Desa Wisata Sambang Sedulur Pujiharjo.


Dukungan implementasi diberikan langsung oleh Asisten Deputi (Asdep) Pengembangan SDM Pariwisata dan Hubungan Antar Lembaga, Kemenpar, Arum Damarintyas,S.Sos, saat kegiatan Gerakan Sadar Wisata dan Aksi Sapta Pesona di kawasan wisata Cuban, Jahe, Desa Pandansari Lor.


Arum pun berharap, dukungan implementasi ini dapat dimanfaatkan, dan menjadi penyemangat para Kelompok Sadar Wisata dalam percepatan pembangunan home stay di kawasan desa wisata.
Lanjut Arum, Home Stay tak sekadar melengkapi desa wisata. Tapi bagaimana, home stay didirikan sebagai hunian yang nyaman bagi para wisatawan. Standart bangunan home stay harus diperhatikan, termasuk fasilitas yang ada di dalamnya. Mulai dari ketersediaan air bersih, sanitasi dan lainnya.


Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Kabupaten Malang, Made Arya Wedhantara, yang mendampingi Arum mengatakan, saat ini di Kabupaten Malang ada 358 home stay yang sudah berdiri. 358 itu tersebar di 18 desa wisata di Kabupaten Malang. Made pun berharap, home stay terus bertambah. Bahkan targetnya, hingga akhir tahun  2018 nanti, ada 500 home stay berdiri di desa wisata di Kabupaten Malang.


”Dukungan kementrian terhadap percepatan pembangunan home stay sangat luar biasa. Dan ini menjadi semangat kami untuk terus melakukan sosialisasi kepada para pelaku wisata,’’ kata Made.


Dia mengatakan, sejauh ini pembinaan yang dilakukan pihak Pemerintah Kabupaten Malang adalah dengan melakukan penguatan SDM para pelaku wisata. Sehingga mereka diharapkan mampu berkembang dan membangun kawasan wisata.


Seiring dengan percepatan pembangunan Home Stay, Made pun mengatakan poihaknya bersinergi

Berita Terkait

Baca Juga