Mengaku Keturunan Syekh Siti Jenar, Menipu Warga Kepanjen 200 juta lebih

Mengaku Keturunan Syekh Siti Jenar, Menipu Warga Kepanjen 200 juta lebih Tersangka Amar alias Asep (54), di tangkap

MALANG - Seorang penipu yang berdalih bisa menggandakan uang milyaran rupiah, mengaku masih keturunan Raden Abdul Jalil atau yang akrab disebut Syekh Siti Jenar. Amar alias Asep (54), warga Bandung, Jawa Barat itu, dibekuk Tim Buser Polsek Kepanjen, di sebuah rumah kontrakanya di Desa Panggungrejo, Kecamatan Kepanjen, Kabupaten Malang.


Kanit Reskrim Polsek Kepanjen, Iptu Supriyadi, Rabu siang (12/9/2018) menuturkan, modus yang dilakukan tersangka untuk menyakinkan korbannya, berdalih masih keturunan wali dan Syekh Siti Jenar.
“Tersangka ini mengaku Syekh Siti Jenar. Mengaku wali dan keturunan Syekh. Sehingga korban terpedaya,” ungkap Iptu Supriyadi.


Korban yang sudah melapor bernama Muslih (52), warga Legok, Kepanjen. “Korban ini sudah menyerahkan uang dengan dalih bisa di gandakan. Total kerugian yang diderita korban mencapai Rp.200 juta lebih,” terang Supriyadi.
Ia melanjutkan, ada tiga kriteria modus penipuan yang dilakukan tersangka.


Pertama, dalam bentu emas. Dimana pelaku berdalih jika dirumah korban, terpendam harta karun gaib berupa emas.
Kedua adalah uang, dan ketiga kotak sumber uang yang tidak akan habis dimakan 7 turunan bagi korban yang menyerahkan sejumlah rupiah dengan melalui ritual khusus.


“Untuk memperdaya korban, pelaku membungkus dua kardus menggunakan lakban. Setelah dibuka, ternyata cuma isi minuman jus berukuran kecil-kecil. Sementara kotak yang ngakunya berisi sumber uang gaib, hanya berisi kertas dan amplop kosong,” papar Supriyadi.


Terpisah, Amar mengaku belajar tipu-tipu dari temannya yang tinggal di Bandung.
“Saya belajar dari teman di Bandung. Uang hasil menipu ini habis untuk keperluan sehari-hari pak,” ucap tersangka Amar.
Menurut Amar, dirinya memperoleh uang dari korban yang tertipu beberapa kali. Pertama Rp.40 juta, Rp.15 juta, Rp.25 juta, Rp.2 juta dan terakhir Rp.7 juta lebih. “Banyak pokoknya pak, uang itu sudah saya belikan motor juga,” kata Amar.


Modus Amar ini selalu sama. Mengaku paranormal

Berita Terkait

Baca Juga