Tukang Gendam Pedagang Pasar Lawang Diringkus

  • 2018-09-17 penulis : Agung Priyo
  • Editor :junaedi
  • dibaca :1627
Tukang Gendam Pedagang Pasar Lawang Diringkus ilustrasi.(ist)

MALANG– Tukang gendam yang sering memangsa warga di kawasan Malang utara, dibekuk polisi, Senin (17/9). Pelakunya adalah Wardiman alias Soleh, 37, warga Dusun Kembang Kuning, Desa Sengon Agung, Purwosari, Pasuruan. 

Soleh diamankan Unit Reskrim Polsek Lawang di sekitar Pasar Lawang, Kabupaten Malang. Penangkapannya dilakukan setelah polisi mendapat laporan korbannya Juhairiyah, warga Jember. Korban mengaku digendam pelaku, ketika hendak menjual buah alpukat.

“Setelah mendapat keterangan saksi dan mendapati identitasnya tersangka segera kami lakukan penangkapan,” jelas Kanitreskrim Polsek Lawang, Iptu Hadi Puspito.

Penipuan modus gendam yang dilakukan Soleh, terjadi sekitar bulan Februari 2018 lalu. Saat itu korban membawa beberapa keranjang buah alpukat yang baru dipanen. Sedianya buah alpukat tersebut, akan ditawarkan kepada pedagang buah di Pasar Lawang.

Belum sempat menawarkan, korban bertemu Soleh. Setelah ngobrol, tersangka yang megaku sebagai tengkulak akan membeli semua buah alpukat milik korban. 

Tidak hanya itu, korban juga teperdaya karena dimintai uang Rp 10 juta. Uang itu kata tersangka kepada korban untuk membayar bakul buah lainnya.

Setelah menyerahkan uangnya, korban diminta pulang. Buah alpukat yang dibawanya, juga diminta untuk ditinggal. Karena tersangka menjanjikan akan menyerahkan uang hasil jual apukat itu setelahnya.

Namun selang beberapa hari tersangka tak kunjung datang ke rumah korba, kasus ini pun dilaporkan ke Polsek Lawang. 

Sementara pengakuan tersangka kepada petugas, jika uang korban sudah habis untuk mencukupi kebutuhan keluarga. 

''Buahnya saya jual kepada orang lain,” tutur tersangka kepada petugas.(agp)

Berita Terkait

Baca Juga