Wuih, Tanggungan Pasien BPJS ke RSSA Capai Rp 100 Miliar | Berita Hari ini

Wuih, Tanggungan Pasien BPJS ke RSSA Capai Rp 100 Miliar

Wuih, Tanggungan Pasien BPJS ke RSSA Capai Rp 100 Miliar ilustrasi pasien yang menggunakan fasilitas BPJS mencari Rp 100 Miliar

Hutang BPJS capai Rp 100 miliar, tetapi pelayaan RSSA kepada pasien diupayakan tetap maksimal. 

MALANG-Manajemen Rumah Sakit Saiful Anwar (RSSA) Malang mengaku sedang pusing. Itu lantaran tanggungan utang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) di rumah sakit milik Pemprov Jatim ini mencapai Rp 100 miliar.  

“Saya dan teman-teman sampai pusing memikirkannya (utang BPJS),’’ kata Direktur RSSA  Dr Restu Kurnia Tjahjani, seperti ditulis malangpost.com, Selasa (18/9).

Menurut Restu, selama ini, pembayaran BPJS ke RSSA tidak pernah sekali selesai. Tagihan dalam lembar Form Pengajuan Klaim (FPK) sering dibayar sebagian saja. Sedangkan tagihan pada waktu berjalan terus bertambah jumlahnya.

“Hari ini kita ajukan tagihan, misalnya, Rp 10 miliar. Yang dibayar hanya separo saja. Sisanya dibayarkan kemudian. Padahal tagihan lainnya berjalan dan jumlahnya terus bertambah,’’ rinci Restu.

Dari data yang ada, akumulasi sisa tagihan BPJS pada 2017 mencapai Rp 65 miliar. Sedang tagihan 2018 yang diajukan ke BPJS sesuai FPK nilainya Rp 35 miliar. 

‘’Besar lho Rp 100 miliar itu. Makanya, kami selalu mengingatkan agar selalu ada pembayaran,’’ tagas mantan Direktur RS Haji Surabaya ini.

Kendati piutangnya di BPJS begitu besar, RSSA tidak pernah memutus hubungan dengan pemasok (vendor). Sebaliknya, RSSA justru berusaha terus membina hubungan dengan para supplier agar kualitas pelayanan ke masyarakat tidak berkurang.

Saat ini, kata Restu, utang RSSA ke para vendor mencapai angka Rp 21 miliar. Agar utang ke 15 vendor itu tidak terus membengkak, RSSA berusaha mencicil ketika ada pembayaran dari BPJS.


Diakui restu, beban yang dipikul rumah sakit yang dipimpinnya saat ini sangat berat. Di satu sisi harus terus melayani masyarakat dengan layanan BPJS, di sisi lain harus menanggung beban keuangan. 
 

Berita Terkait

Baca Juga