Ingin Ikuti Tes CPNS seperti Ini Caranya

  • 2018-09-18
  • Editor :junaedi
  • dibaca :1016
Ingin Ikuti Tes CPNS seperti Ini Caranya simulsai test cpns.(dok.liputan6.com)

JAKARTA- Pemerintah akan mengumumkan formasi jabatan yang dibuka dalam penerimaan 238.015 Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) pada Rabu (19/9) esok. Dari jumlah formasi jabatan itu sebanyak 51.271 formasi untuk instansi pusat, dan 186.744 formasi untuk instansi daerah. 

Agar bisa mendaftar, para peminat harus terlebih dulu membuat akun di portal https://sscn.bkn.go.id dengan mengisi Nomor Induk Kependudukan (NIK), Nomor Kartu Keluarga (KK) atau NIK Kepala Keluarga.

Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana selaku Ketua Pelaksana Seleksi Nasional CPNS telah menyatakan bahwa sistem pendaftaran dan seleksi CPNS 2018 dilakukan secara terintegrasi melalui portal nasional https://sscn.bkn.go.id, dan tidak ada pendaftaran melalui portal mandiri oleh Instansi.

"Proses seleksi akan menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT BKN) baik untuk pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB)," kata Bima Haria seperti dikutip dari laman Sekretariat Kabinet, Selasa (18/9).


Setelah mengisi NIK, KK, atau NIK Kepala Keluarga, peminat selanjutnya bisa login ke https://sscn.bkn.go.id dengan menggunakan NIK dan password yang telah ditentukan. Setelah itu peminat harus mengunggah mengunggah foto selfie dengan memperlihatkan Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Informasi Akun agar dapat melanjutkan ke tahap berikutnya.

Pelamar juga diharuskan mengisi biodata, memilih 1 instansi, 1 formasi dan 1 jabatan yang diminati; dan kemudian menyimpan data yang sudah dicek di Resume dan diklik Kirim. 

"Sebelum di Kirim, pelamar dianjurkan untuk mencek kembali data di Resume untuk memastikan bahwa data tersebut lengkap dan benar, karena setelah di Kirim data tidak bisa diubah lagi," demikian penjelasan laman Setkab.

Selanjutnya, pelamar bisa mencetak Kartu Pendaftaran SSCN 2018 sebagai bukti telah menyelesaikan proses pendaftaran melalui SSCN 2018.

Jika ada masalah dalam pengisian di portal SSCN, pelamar bisa mengklik helpdesk yang ada di portal tersebut untuk bantuan dan pengaduan.(cnn-inddonesia)


 

Berita Terkait

Baca Juga