Pembuatan arak di Tuban diobrak, Pindah ke Lumajang digrebek

  • 2018-09-18
  • Editor :goly
  • dibaca :1509
Pembuatan arak di Tuban diobrak,  Pindah ke Lumajang digrebek Pembuatan Arak Tuban di Lumajang

LUMAJANG - Rumah di Dusun Kembang Desa Sentul, Sumbersuko, Lumajang, dijadikan lokasi pembuatan arak Jawa  (arak Tuban) yang mencapai puluhan botol setiap harinya. Warga sempat dibikin kaget  dengan Penggrebekan Polisi,  Senin (17/09/2018).


Polisi mengamankan lima orang, dimana empat diantaranya adalah warga Tuban. Nanson Winandriyo, Warga Semandaing, Mochammad Maskur, warga Plumpang, Eko Budiyono dan Darto, warga Semanding Kabupaten Tuban serta Eko Saputro Priyanton warga Kelurahan Rogotrunan Lumajang.


"Mereka mengaku baru beberapa minggu membuat arak Tuban, karena di daerah asalnya sudah diobrak-obrak oleh polisi, jadi mereka pindah ke Lumajang," ujar Ipda Catur Budi Baskara, Kadiv Humas Polres Lumajang.
Dari pengakuan para pelaku, baru beberapa botol arak Tuban yang dibungkus botol air mineral yang bertutp merah yang sudah laku. Akhirnya, berkat laporan warga, para pembuat arak Tuban itu bisa diamankan oleh pihak Polres Lumajang.
"Baru beberapa botol arak Tuban yang sudah laku sebelum akhirnya bisa kita ungkap," paparnya.


Yaqin, salah seorang warga mengaku, untuk kelas Lumajang, pabrik arak Jawa ini terbilang cukup besar. Pasalnya, ada puluhan dirigen besar yang dijadikan alat untuk memproses arak, sehingga bisa menghasilkan puluhan botol setiap harinya.
"Kalau untuk sekelas Lumajang , ini sudah terbilang sangat besar. Dibuat dirumah dengan alat-alat yang sudah dibilang cukup besar," pungkasnya.(*)

Berita Terkait

Baca Juga