Tiga Bulan Diburu Pencuri Ini Tertangkap Ternyata Penjahat Kabuhan

  • 2018-09-19 penulis : Agung Priyo
  • Editor :junaedi
  • dibaca :2421
Tiga Bulan Diburu Pencuri Ini Tertangkap Ternyata Penjahat Kabuhan Tersangka Zaenal Arifin (duduk), setelah diamankan di Mapolsek Jabung. 

MALANG- Pelarian Zaenal Fanani, 35, dari kejaran polisi berakhir, Rabu (19/9). Warga Dusun Sumberkreco, Desa Sidomulyo, Jabung Kabupaten Malang ini, berhasil dibekuk Unit Reskrim Polsek Jabung, setelah tiga bulan buron. 

"Tersangka kami tangkap di rumahnya karena kasus pencurian. Penangkapan dia, setelah ada informasi kepulangannya," ujar Kapolsek Jabung, AKP Samsul Arifin.  

Tersangka menjadi buronan polisi karena kasus pencurian di rumah Mintarjo, 48, warga Dusun Gasek Wetan, Desa Gading Kembar, Jabung. 

Pencuriannya terjadi pada 15 Juni 2018 lalu, sekitar pukul 06.30. Pelaku masuk rumah korban ketika dalam kondisi kosong. Korban dan keluarganya saat itu sedang Idul Fitri di Masjid tak jauh dari rumahnya. 
 
Pelaku masuk ke dalam rumah melalui pintu belakang. Setelah mencongkel pintu rumah, dia mengambil dua unit HP, sepasang anting-anting emas, kalung emas dan uang tunai Rp 4,2 juta. 
 
Korban mengetahui rumahnya dibobol pencuri setelah pulang. Saat masuk rumah, korban mendapati rumah dan kamarnya berantakan. Saat dicek ternyata beberapa barang berharga korban sudah raib. Korban segera melaporkan kasus ini ke polisi.

Polisi yang kemudian melakukan penyelidikan dan meminta keterangan saksi, segera mengetahui pelakuknay Zaenal. Namun saat akan ditangkap, keburu melarikan diri.

"Pengakuannya selama ini, bersembunyi dengan berpindah tempat di wilayah Malang Raya. Sebelumnya, tersangka juga pernah ditahan karena kasus pencurian sapi," terangnya.  

Dalam pemeriksaan, tersangka mengaku kalau perhiasan yang dicuri sudah dijual. Uangnya habis untuk biaya hidup sehari-hari selama kabur. 

Akibat perbuatannya tersebut, Zaenal dijerat dengan pasal 363 KUHP, dengan ancaman hukuman 7 tahun kurungan penjara. (agp)

Berita Terkait

Baca Juga