BMKG Ingatkan Warga Malang Waspada Dampak Badai Typhoon | Berita Terbaru Hari ini

Close

BMKG Ingatkan Warga Malang Waspada Dampak Badai Typhoon

  • 2018-09-24 penulis : Ira Ravika
  • Editor :junaedi
  • dibaca :4473
BMKG Ingatkan Warga Malang Waspada Dampak Badai Typhoon Petugas BMKG Karangploso, Malang sedang memantau pergerakan badai Typhoon.(ira)

MALANG– BMKG Stasiun Klimatologi, Karangploso, Kabupaten Malang mengeluarkan peringatan waspada kepada warga Malang Raya. Senin (24/9) hingga dua hari ke depan aging kencang akan melanda wilayah ini.

Kecepatan angin ini akan mencapai rata-rata sampai 45 kilometer/jam. Yang berarti naik dua kali lipat dari rata-rata angin yang terjadi di wilayah ini.

”Angin kencang ini dampak dari adanya badai typhoon.  Badai ini terjadi di 18.4 lintang utara, 131.1 bujur timur,’’ kata Ahmad Lutfhi, prakirawan, BMKG Stasiun Klimatologi, Karangploso, Senin,(24/9).
 
”Hari ini (Senin) paling dahsyat kecepatannya. Mulai pagi, angkanya dari 36 kilometer per jam, dan tertinggi pukul 12.20, yaitu 45 kilometer per jam,’’ tambahnya. 

Lutfhi menyebutkan, di pusat badai kecepatan anginnya sangat kencang. Yaitu 170 kilometer per jam. Dan semakin ke darat kecepatan itu melemah. 

”Kita ini terdampak. Jika badai itu di sini, dengan kecepatan angin 170 km per jam, maka bisa membuat kerusakan dengan skala yang luas,’’ tambahnya. 

Disebutkan, badai typhoon ini akan terjadi sampai dua-tiga hari ke depan. Bahkan jika gerakan badai di laut, maka angin yang dihembuskan pun lebih kencang. 

”Sekarang badai masih bertumbuh, melihat arahnya memang menjauh dari ekuator atau ke barat laut. Sehingga jika terus menjauh bisa hilang, tapi kalau tetap berada di laut, justru bisa berkembang dan angin yang dihembuskan akan lebih kencang,’’ ungkapnya.

Lutfhi juga mengingatkan usai badai ini hilang. Ancaman belum hilang. Karena umumnya, setelah badai typhoon hilang, ancaman lainnya adalah hujan deras disertai angin kencang akan terjadi. 

”Biasanya dua sampai tiga  hari setelah badai typhoon hilang akan muncul hujan sangat deras disertai angin. Nah ini yang harus diwaspadai,’’ ucapnya. 

Karenanya, ia pun mengimbau masyarakat untuk lebih waspada khususnya saat beraktivitas di luar rumah. Karena ancaman angin kencang ini.


BERITA TERKAIT