Presiden Bereaksi Soal Tewasnya Suporter di Bandung. Seperti Ini Pintanya

  • 2018-09-25
  • Editor :junaedi
  • dibaca :1077
Presiden Bereaksi Soal  Tewasnya Suporter di Bandung. Seperti Ini Pintanya Delapan orang suporter Persib jadi tersangka atas tewasnya salah seorang soporter Persija.(dok.afp)

JAKARTA- Presiden Joko Widodo merespon tewasnya suporter bola di Bandung. Jokowi menyayangkan aksi kekerasan suporter Persib Bandung, Viking terhadap seorang pendukung Persija Jakarta The Jakmania, Haringga Sirla di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Minggu (23/9). 

"Saya menyampaikan dukacita mendalam atas meninggalnya suporter Haringga. Jangan sampai fanatisme berlebihan menjadi kebablasan sehingga terjadi kriminalitas," kata Jokowi di Balai Kartini, Selasa (25/9). 

Haringga Sirla, pemuda berusia 23 tahun tewas dikeroyok suporter Persib Bandung saat laga Persib melawan Persija. Polisi telah menetapkan delapan orang tersangka pengeroyokan. 

Jokowi menyatakan bentrokan berujung korban jiwa bukan kali pertama terjadi di Indonesia. Berdasarkan data Save Our Soccer, sejak 1995, 63 suporter sepak bola Indonesia tewas akibat bentrokan. 

Kata Jokowi, dia telah menginstruksikan Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi untuk duduk bersama supporter tim sepak bola dan Ketua Umum PSSI Eddy Rahmayadi dalam waktu dekat. 

"Ini sudah bolak-balik ada lagi. Harus ada sebuah komitmen bersama agar kejadian tidak terulang," tutur mantan Gubernur DKI Jakarta ini. 

Disebutkan, ia menyambut baik jika klub yang suporternya berseteru disanksi. Namun, hal itu dinilai tidak menjamin insiden tak terjadi lagi. 

"Ada sanksi lebih baik. Tapi sanksi tidak menjamin. Yang paling penting duduk bersama Menpora, PSSI, dan kelompok suporter yang fanatik. Ada apa? Itu yang diselesaikan," kata Jokowi. 

Berita Terkait

Baca Juga