162 Lokasi Mini Market Tak Berizin

162 Lokasi Mini Market Tak Berizin Ilustrasi Toko Modern

MALANG - Isu toko modern bermasalah izin kembali mencuat di Kota Malang. Kurang lebih terdapat 162 lokasi toko modern atau mini market berdiri tanpa izin di Kota Malang. Menurut informasi yang didapat , lokasi-lokasi tersebut tersebar di 5 kecamatan di Kota Malang. Hal ini dibenarkan oleh Kepala Satpol PP Kota Malang Drs Priyadi MM saat dikonfirmasi. Meski begitu ia menjelaskan masih belum dapat melakukan tindakan segera.


“Benar menurut data dari perizinan (Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu) seperti itu,” jelas Priyadi. Meski begitu Priyadi menegaskan masih menunggu SOP yang ada untuk melakukan tindakan seperti penutupan.


Seperti melakukan pemanggilan terlebih dahulu terhadap pengelola-pengelola toko yang diduga melakuan pelanggaran.  Lalu, Satpol PP juga harus mengetahui detail dari toko dan lokasi mana saja yang benar-benar tidak memiliki izin atau mana saja yang hanya waktu perizinannya saja yang sudah habis masa berlakunya.
“Sesuai SOP dulu. Nanti pasti akan ditindak tegas,” ungkap Priyadi.
Saat ditanya soal lokasi dimanasaja terdapat minimarket tidak berizin, Priyadi tidak memberikan keterangan detail karena data lengkap masih ada di dinas terkait. Dimana dalam waktu dekat akan segera dikoordinasikan.


Sementara itu pihak Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) Kota Malang masih belum dapat dikonfirmasi secara jelas terkait hal ini. Baik Plt Kepala DPM-PTSP Kota Malang Wulan Ragas dan Kabid Perizinan DPM-PTSP Kota Malang, tidak respon ketika dikontak melalui pesan maupun sambungan telpon.


Meski begitu Kabid Data dan Sistem Informasi DPM-PTSP Kota Malang, Alwiyah menjelaskan sejak 2015 lalu, pihaknya tidak menerbitkan satupun izin baru terkait pendirian atau operasional toko dan mini market Kota Malang.
“Kan ada moratorium toko modern sudah beberapa tahun ini. Makanya jika ada toko modern baru yang berdiri sudah pasti tidak ada izinnya,” paparnya.


Jika

Berita Terkait

Baca Juga