Hindari Petugas, Pencuri Tinggalkan Truk dan Kayu Hasil Pembalakan

  • 2018-10-19
  • Editor :junaedi
  • dibaca :783
Hindari Petugas, Pencuri Tinggalkan Truk dan Kayu Hasil Pembalakan Truk dan kayu hasil pembalakan yang ditinggalkan pelakunya.(ist)

MALANG – Patroli Polisi dan Perhutani menggagalkan pencurian kayu di wilayah Gedangan, Kabupaten Malang, Jumat (19/10) dini hari. Petugas memergoki truk berisi 10 gelondongan kayu sono yang ditinggalkan pelakunya.

Diduga, kayu yang sudah di bak truk itu ditinggalkan pelaku pembalakan liar dan melarikan diri. Polisi saat ini sedang memburu mereka.

Informasinya, pengungkapan pencurian kayu ini diawali dari patroli tim Pohut BKPH Sumbermanjing dan Perhutani KPH Malang. Menyusul informasi tentang adanya pencurian kayu di wilayah Perhutani. Polhut melakukan penyisiran sejak Jumat dini hari.

Penyisiran dan penghadangan dilakukan petugas di kawasan petak 88 wilayah RPH Bantur Kabupaten Malang. Petugas pun menemukan hasil pembalakan liar. Tapi pelakunya lari ke hutan. Meninggalkan truk nopol N 8105 DC beserta kayu glondongan yang diduga hasil curian.

Menrut Asper KBKPH Sumbermanjing, Suyatno, akibat pencurian itu kerugian negara mencapai puluhan juta rupiah. 

“Perhutani merugi puluhan juta rupiah karena pembalakan liar ini. Kami serahkan barang bukti truk dan kayu curiannya ke Polsek Gedangan,” kata Suyatno kepada wartawan.

Dirincinya, sepuluh batang kayu sono itu panjang dan diameternya 170-33, 190-33, 210-35, 160-30, 210-30, 210-29, 210-38, 210-38, 210-40 dengan total dimensi 2,08 meter kubik. Suyatno berharap pelaku pencurian kayu dijadikan target operasi (TO) oleh petugas polisi.

“Kami berharap pelakunya segera tertangkap. Pembalakan liar ini memiliki imbas besar terhadap kerusakan lingkungan di sekitar lokasi penjarahan kayu,” tutur Suyatno. 

Sementara itu, Kapolsek Gedangan, AKP Nuryono kasus ini sedang dalam penyelidikannya.

“Kami sedang melakukan penyelidikan, Pemilikan truk masih kami dalami. Ini untuk mengungkap pelakunya,” katanya.(fin/jon)

Berita Terkait

Baca Juga